Batik Tulis Jarak Arum merupakan UKM yang kali pertama berdiri di Dolly pada tahun 2014 semenjak penutupan lokalisasi tersebut. Setelah penutupan Dolly pemerintah membangun Rumah Batik sebagai pelatihan membatik sehingga banyak ukm yang mulai berdiri. Jarak Arum memiliki motif batik yang menggambarkan makna dan filosofi setempat. Melihat kualitas batik yang baik dan pemasaran yang cukup baik, namun dari segi promosi belum efektif karna banyak masyarakat yang belum mengetahui keberadaan batik tulis Jarak Arum terutama masyarakat Surabaya. Berdasarkan latar belakang, dapat diperoleh rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana konsep Perancangan Media Promosi Jarak Arum. (2) Bagaimana proses Perancangan Media Promosi Jarak Arum. (3) Menerapkan Perancangan Media Promosi Batik Tulis Jarak Arum.
Metode perancangan awal yaitu melakukan survey lokasi penelitian yang berada di Jl. Kupang Gunung Timur Gg V no. 27 Rt.004 Rw.06, Putat Jaya, Surabaya. Sumber data yang diperoleh diambil melalui wawancara dengan narasumber untuk data tertulis. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis SWOT, analisis USP dan Positioning serta prosedur membuat perancangan desain.
Hasil karya desain meliputi katalog, kemasan dan brosur dengan tema tradisional elegan. Awal proses perancangan desain yakni membuat Thumbnail kemudian dilanjutkan proses visualisasi tighttissu menggunakan software Corel Draw X7. Setelah selesai, selanjutnya melakukan review desain dengan validator untuk perbaikan desain, sesudah validasi dilanjutkan dengan proses akhir yaitu produksi atau final desain. Perancangan ini diharapkan dapat menghasilkan media promosi yang komunikatif agar dapat tercapai tujuan dan diterima oleh khalayak masyarakat.
Kata Kunci: Perancangan, Promosi, Batik, Jarak Arum