SRIBBLE ART: TEKNIK PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ILUSTRASI DI SMP NEGERI 1 KESAMBEN JOMBANG JAWA TIMUR
SRIBBLE ART: ILLUSTRATION DRAWING TECHNIQUES IN SMP NEGERI 1 KESAMBEN JOMBANG EAST JAVA
Pembelajaran menggambar ilustrasi di SMP Negeri 1 Kesamben pada KI/ KD menggambar ilustrasi dengan teknik manual dan digital kurang inovatif, pembelajaran kurang banyak variatif, dan siswa kurang diberikan wawasan yang lebih luas tentang perkembangan seni rupa. Sesuai dengan Kurikulum 2013 serta kompetensi dasar sekolah menengah pertama kelas VIII yang tertulis, peneliti ingin memberikan inovasi baru yang dapat dimasukkan kedalam kurikulum tersebut. Peneliti mencoba untuk menerapkan pembelajaran menggambar ilustrasi dengan teknik scribble art, agar siswa mendapatkan pengalaman baru, lebih variatif dan lebih kreatif dalam menggambar ilustrasi. Keunggulan dari teknik scribble art adalah memiliki keunikan tersendiri, dari segi coretan maupun karya yang dihasilkan dan memiliki perbedaan yang menonjol dari teknik ilustrasi pada umumnya. Pembelajaran menggambar Ilustrasi dengan teknik scribble art ini diharapkan mampu memberikan wawasan siswa di SMP Negeri 1 Kesamben khususnya Kelas VIII, sehingga dapat menghasilkan gambar ilustrasi yang lebih baik lagi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualtitatif deskriptif, pengumpulan data pertama observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuisioner. Berdasarkan hasil observasi dan pengelolaan data dapat disimpukan bahwa menggambar ilustrasi dengan menggunakan tekmik scribble art dapat memberikan wawasan baru serta pengalaman baru dalam proses menggambar ilustrasi, proses pembelajaran menjadi berbeda dari sebelumnya dan gambar ilustrasi terlihat lebih baik dan lebih variatif.
Learning to draw illustrations at SMP Negeri 1 Kesamben at KI/KD to draw illustrations using manual and digital techniques is less innovative, learning is less varied, and students are not given broader insights about the development of fine arts. In accordance with the 2013 Curriculum as well as the written basic competencies of junior high school grade VIII, researchers want to provide new innovations that can be incorporated into the curriculum. Researchers try to apply learning to draw illustrations with the scribble art technique, so that students get new, more varied and creative experiences in drawing illustrations. The advantage of the scribble art technique is that it has its own uniqueness, in terms of scribbles and the resulting work and has a prominent difference from illustration techniques in general. Learning to draw illustrations with the scribble art technique is expected to be able to provide insight for students at SMP Negeri 1 Kesamben, especially Class VIII, so that they can produce even better illustrated images. The method used in this research is descriptive qualitative, the first data collection is observation, interviews, documentation, and questionnaires. Based on the results of observations and data management, it can be concluded that drawing illustrations using the scribble art technique can provide new insights and new experiences in the process of drawing illustrations, the learning process is different from before and illustrated images look better and more varied.