Pengaruh Persepsi Dukungan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar
The Influence of Perceived Family Environment Support on Learning Motivation in 6th Grade Elementary School Students
Lingkungan keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama bagi anak. Lingkungan keluarga memiliki fungsi edukatif atau pendidikan sehingga menjadi salah satu faktor eksternal dari proses belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar pada siswa kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VI di SD Negeri “X” Surabaya sebanyak 35. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh dimana sampel yang diambil merupakan seluruh populasi penelitian. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa penyebaran kuesioner yang berisi pernyataan mengenai aspek lingkungan keluarga dan motivasi belajar. Berdasarkan hasil uji analisis regresi sederhana, diketahui nilai signifikansi sebesar 0,002 dimana nilai tersebut kurang dari 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis alternative (Ha) pada penelitian ini diterima. Diketahui pula nilai koefisien determinan (R Square) sebesar 0,259. Maka dapat disimpulkan bahwa yaitu terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas VI sekolah dasar dan besaran pengaruhnya sebanyak 25,9%.
The family environment is the first and main environment for children. The family environment has an educative or educational function so that it becomes one of the external factors in the child's learning process. This research aims to determine the influence of the family environment on learning motivation in sixth grade elementary school students. This study uses a quantitative approach. The sample in this study was 35 6th grade students at SD Negeri "X" Surabaya. The sampling technique used was a saturated sampling technique where the samples taken were the entire research population. This research used data collection techniques in the form of distributing questionnaires containing statements regarding aspects of the family environment and motivation to learn. Based on the results of a simple regression analysis test, it is known that the significance value is 0.002, where this value is less than 0.05. This shows that the alternative hypothesis (Ha) in this study is accepted. It is also known that the determinant coefficient (R Square) is 0.259. So it can be concluded that there is an influence of the family environment on the learning motivation of 6th grade elementary school students and the magnitude of the influence is 25.9%.