ABSTRAK
PENGARUH PENERAPAN MODEL
PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST MATERI AMAR
MAKRUF NAHI MUNKAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS XII IPA MAN 1
TULUNGAGUNG
Nama :
Ida Rosyidah
NIM :
15010024064
Program Studi :
Teknologi Pendidikan
Jurusan :
Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas :
Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga :
Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Prof. Dr. Rusijono, M.Pd.
Penelitian
ini dilatarbelakangi rendahnya nilai UTS Al-Qur’an Hadist materi amar makruf
nahi munkar. Demikian pula penggunaan
model pembelajaran yang kurang efektif yang dipergunakan guru dalam
pembelajaran yakni
dengan metode bernyanyi . Tujuan
penelitian ini adalah Untuk membuktikan pengaruh
penerapan model pembelajaran tipe Team
Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Al-Qur’an Hadist materi Amar Makruf Nahi Munkar kelas XII IPA di MAN 1
Tulungagung. Penelitian ini menggunakan dua kelas yakni kelas eksperimen dan
kelas kontrol.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen
perlakuan. Desain eksperimen yang digunakan adalah True
Experimental Design dengan Pretest-Posttest
Control
Group Design . Metode pengumpulan data yang diguanakan adalah observasi dan tes.
Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data instrumen
dengan uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan analisis hasil belajar
menggunakan analisis data observasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji
hipotesis. Uji hipotesis dilakukan sebanyak dua kali yaitu untuk menghitung
Pre-test dan Post-test.
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams
Games Tournament pada kelas eksperimen dari
hasil observasi terhadap guru dapat dilihat rata-rata dari kedua observer
menunjukkan 95,45% dan hasil observasi terhadap siswa dapat dilihat rata-rata
dari kedua observer menunjukkan 97,7% yang termasuk pada kategori sangat baik. L angkah selanjutnya dapat melakukan uji
normalitas dengan taraf signifikansi 5% dengan tabel chi-kuadrat 11,07. Hasil
normalitas data pre-test kelas eksperimen diperoleh 6,26
< 11,07 dan post-test kelas eksperimen diperoleh 10,39 < 11,07 maka dapat
diambil kesimpulan bahwasannya data yang diperoleh pada kelas eksperimen tersebut
berdistribusi normal sedangkan hasil normalitas data pretest kelas kontrol
diperoleh 8,68 < 11,07 dan post-test kelas kontrol diperoleh 10,73 <
11,07 maka pada kelas kontrol dapat disimpulaklan bahwasannya data yang
diperoleh berdistribusi normal. Untuk menjawab rumusan masalah yaitu untuk
mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan model
pembelajaran Teams Games Tournamen terhadap hasil belajar pada mata pelajaran
Al-Qur’an Hadist materi amar makruf nahi munkar kelas XII IPA MAN 1 Tulungagung
dilakukan dengan menggunakan uji t dengan hasil perhitungan data diketahui ttabel
yaitu 2,00. Hasil yang diperoleh thitung lebih besar dari ttabel
dengan perbandingan angka 2,10 > 2,00 maka dinyatakan H0 ditolak dan Ha
diterima karena menunjukkan ada perbedaan yang signifikan, Hasil perhitungan
tersebut membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament
pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist materi amar makruf nahi munkar untuk
meningkatkan hasil belajar kelas XII IPA MAN 1 Tulungagung mengalami
peningkatan yang signifikan.
Kata kunci : Penerapan, Teams
Games Tournament , Hasil Belajar.