PEMANFAATAN SERBUK GERGAJI DALAM BELAJAR SENI PATUNG KELAS IX- A SMP NEGERI 1 PARENGAN KABUPATEN TUBAN
UTILIZATION OF SAWDUST IN LEARNING SCULPTURE GRADE IX- A SMP NEGERI 1 PARENGAN, TUBAN REGENCY
Membuat patung merupakan materi pelajaran seni budaya kurikulum 2013 yang dipelajari peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Parengan, namun pada materi ini guru sudah lama tidak lagi memberikan kegiatan praktik dalam belajar membuat patung karena alasan tidak adanya bahan yang cocok digunakan dalam membuat patung di daerah kecamatan Parengan, sehingga peserta didik hanya mendapat pelajaran teori saja tanpa diterapkan secara langsung. Dari masalah tersebut, peneliti mencoba menggunakan bahan dasar serbuk gergaji sebagai media belajar membuat patung melalui metode Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) Mengetahui dan mendiskripsikan proses belajar seni patung dari serbuk gergaji pada peserta didik kelas IX-A SMP Negeri 1 Parengan, (2) Mendiskripsikan hasil belajar seni patung dari serbuk gergaji pada peserta didik kelas IX-A SMP Negeri 1 Parengan, (3) mendiskripsikan refleksi dan evaluasi hasil belajar seni patung dari serbuk gergaji peserta didik kleas IX-A SMP Negeri 1 Parengan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari data yang telah dikumpulkan, diperoleh 1) peserta didik belajar membuat patung dari serbuk gergaji dengan baik sesuai prosedur dan arahan peneliti. 2) sebagian besar bentuk patung yang dibuat sederhana namun peserta didik dapat mengeksplore bahan untuk melengkapi patung mereka. 3) hasil evaluasi pengetahuan dan produk termasuk kedalam kategori baik. Sedangkan refleksi, seluruh peserta didik menyukai belajar membuat patung dengan metode PjBL.
Kata Kunci: Belajar seni patung, serbuk gergaji, dan Project Based Learning (PjBL)
Making sculptures is a subject matter for the 2013 curriculum of cultural arts that was studied by class IX students of state Junior Hight School 1 Parengan. However, in this material, the teacher has long ceased to provide practical activities in learning to make sculptures due to the absence of materials suitable for use in making sculptures in the Parengan sub-district area, so that students only get theoretical lessons without being applied directly. Therefore, researchers tried to use the basic material of sawdust as a learning medium for making sculptures through the Project Based Learning (PjBL) method. This research was conducted with the aim of (1) Knowing and describing the learning process of sculpture from sawdust in students of class IX-A of state Junior Hight School 1 Parengan, (2) Describing the results of learning sculpture from sawdust in students of class IX-A of state Junior Hight School 1 Parengan, (3) describing the reflection and evaluation of the results of learning sculpture art from sawdust students of class IX-A Junior Hight School 1 Parengan. The data collection techniques used in this study were observation, interviews, and documentation. From the data that has been collected, 1) students learn to make sculptures from sawdust properly according to the procedures and directions of the researcher. 2) most of the shapes of the sculptures are made simple but learners can explore the materials to complement their sculptures. 3) the results of the evaluation of knowledge and products are included in the good category. While reflection, all students like to learn to make sculptures with the PjBL method.
Keywords: Learning of sculpture, sawdust, and Project Based Learning (PjBL)