Lembaga Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud melakukan penelitian mengenai rendahnya faktor yang mempengaruhi literasi salah satunya adalah kekurangan bahan ajar yang beredar di Indonesia. Penelitian ini mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Literasi Geografi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Kelayakan LKPD 2) Respon peserta didik terhadap LKPD 3) Keefektifan pengembangan LKPD berbasis literasi geografi pada KD 3.6 Keragaman Budaya Indonesia untuk kelas XI SMA ditinjau dari hasil belajar yang didukung menggunakan soal dengan indikator keterampilan berfikir kreatif.
Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan Research and Develompment (R&D) yang mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol di SMA Negeri 1 Badegan Kabupaten Ponorogo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) LKPD berbasis Literasi Geografi layak digunakan sebagai bahan ajar pada Kompetensi Dasar Keragaman Budaya Indonesia dengan penilaian dari ahli materi sebesar 79,16% dan penilaian oleh ahli bahan ajar sebesar 82,5%. 2) Penilaian perangkat pembelajaran oleh ahli pembelajaran atau guru geografi sebesar 89,28%. 3) Respon peserta didik di kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Literasi Geografi sebagain besar memberikan repon yang baik pada tiap kriteria. Penilaian pada kriteria kebahasaan sebesar 88,50%, kriteria tampilan 79,25%, kriteria isi LKPD 79%, kriteria manfaat LKPD sebesar 78,16% yang seluruh penilaannya termasuk dalam kategori layak. 5) Hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis menggunakan uji independent T test. Probabilitas signifikansi sebesar ρ 0.024 < α 0.05 yang dapat diartikan ada perbedaan rata – rata nilai posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu pada kelas eksperimen sebesar 81,56 dan kelas kontrol sebesar77,25.
Kata Kunci: ADDIE, Kelayakan, Hasil Belajar, Respon, LKPD Berbasis Literasi Geografi
The Research and Development Institute (Balitbang) of the Ministry of Education and Culture conducts research on the factors affecting the low literacy, one of them is lack of teaching materials in Indonesia. This study developed a teaching material in the form of LKPD based on Geography Literacy which is expected to be able to participate in feasibility worksheet student responses, and student learning outcomes.
This study used a research and development (R&D) model based on the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) model. The subjects were students of class XI IPS as an experimental class and class XI IPS 4 as a control class in SMAN 1 Badegan, Ponorogo Regency.
The research results showed that LKPD based on Geography Literacy is appropriate to be used as teaching material in the Basic Competence of Indonesian Cultural Diversity with an assessment from material experts at 79.16% and an assessment by teaching material experts at 82.5%. Meanwhile the assessment of learning tools by learning experts or geography teachers is 89.28%. Response learners in the experimental class given treatment using Worksheet Students (LKPD) Geography Literacy based the majority provide good repon on each criterion. Rate on linguistic criteria by 88.50%, 79.25% display criteria, criteria LKPD content of 79%, amounting to 78 LKPD benefit criteria, 16% of the entire penilaannya included in the category feasible. Learning outcomes between the experimental class and the control class were analyzed using independent test T test. Withsignificance probability of 0.024 ρ < 0.05 which means there are differences in the average - average value posttest between the experimental class and a control class that is the experimental class at 81.56 and grade control sebesar77,25.
Keywords: ADDIE, Feasibility, Learning Outcomes, Response, LKPD Based on Geography Literacy.