Pengembangan Media Pembelajaran Tebak Kata pada Materi Bank Sentral Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran
Development of Learning Media for Guessing Words on Central Bank Material for Payment Systems and Payment Instruments
Latar belakang yang dijadikan dasar pada penelitian ini yaitu pemanfaatan media pembelajaran yang belum maksimal yang menyebabkan peserta didik menjadi pasif. Penelitian ini dilakukan sebagai upaya untuk peserta didik agar mereka dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Media pembelajaran tebak kata disajikan secara menarik, sehingga siswa dapat bermain sambil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk berupa media pembelajaran tebak kata agar dapat meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yang dibatasi pada tahap pengembangan (develop). Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman angket dengan menganalisis hasil validasi yang dihitung menggunakan skala Likert. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa media tebak kata pada materi bank sentral, sistem pembayaran, dan alat pembayaran memiliki kriteria layak digunakan sebagai media pembelajaran ekonomi. Sehingga media tersebut dinyatakan layak untuk diterapkan dalam pembelajaran ekonomi kelas X.
The background that is used as the basis for this research is the use of learning media that has not been maximized which causes students to become passive. This research was conducted as an effort for students so that they can actively participate in learning. The learning media for guessing the word are presented in an attractive manner, so that students can play while learning. The purpose of this research is to develop a product in the form of learning media for word guessing in order to improve learning outcomes. This type of research is development research using the 4D model which is limited to the develop stage. The data collection instrument used questionnaire guidelines by analyzing the validation results that were calculated using a Likert scale. The results of the test show that the media for guessing words on the material of the central bank, payment systems, and payment instruments have criteria that are suitable for use as a medium for economic learning. So that the media is declared feasible to be applied in class X economic learning.