Penelitian ini didasarkan pada implementasi kurikulum 2013. Di SDN Sambongdukuh 3 Jombang kurikulum 2013 ini baru diterapkan pada tahun 2017 dan hanya diterapkan pada kelas I dan kelas IV saja. Kemudian pada tahun ajaran 2018/2019 sesuai dengan ketetapan Permendikbud bahwa seluruh sekolah di Indonesia harus menerapkan kurikulum 2013, sehingga SDN Sambongdukuh 3 Jombang mulai menerapkan kurikulum 2013 pada seluruh kelas dari kelas I sampai kelas VI. Sehingga peneliti ingin mengetahui bagaimana implementasi kurikulum 2013 yang dilakukan di SDN Sambongdukuh 3 Jombang, kendala-kendala apa saja yang ditemukan selam proses implementasi kurikulum 2013, serta bagaimana peran sekolah dalam mensukseskan implementasi kurikulum 2013 di SDN Sambongdukuh 3 Jombang.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru dan peserta didik. Adapun objek dari penelitian ini adalah situasi dan kondisi selama kegiatan pembelajaran dan kegiatan di luar pembelajaran, aktivitas guru dan peserta didik saat kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi data sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum 2013 di SDN Sambongdukuh 3 Jombang sudah berjalan baik sesuai dengan kebijakan dari pemerintah, mulai dari guru-guru yang ada sudah pernah mengikuti pelatihan kurikulum 2013, perangkat pembelajaran yang dibuat juga sudah sesuai, sumber belajar yang dipakai juga memaksimalkan penggunaan media pembelajaran yang ada. Namun, masih ditemukan kendala antara lain kendala dalam soal penilaian dimana guru kesulitan dalam pengisian rapot online, peserta didik yang mengalami kesulitan belajar dan pengadaan media pembelajaran yang kurang oleh sekolah. Namun kendala tersebut sudah ada upaya untuk diatasi berkat dari peran kepala sekolah dan guru yang sangat erat kaitannya dengan kelancaran dalam penerapan kurikulum 2013 di SDN Sambongdukuh 3 Jombang.
Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum, Deskriptif kualitatif
This research is based on the impementation of the 2013 curriculum. In Sambongdukuh 3 Jombang elementary school, the 2013 curriculum was only implemented in 2017 and only apllied to grade I and grade IV. Then in the 2018/12019 school year in accordance with the provisions of the Ministry of Education and Culture that all schools in Indonesia must impement the 2013 curriculum, so the Sambongdukuh 3 Jombang elementary schools begin to apply the 2013 curriculum in all classes starting grade I trought grade VI. So researcher want to know how the implementation of the 2013 curriculum was implemented in Sambongdukuh 3 Jombang elementary school, what constraints were found during the 2013 curriculum implementation process, as well as how the role of the school in the successful implementation of the 2013 curriculum in Sambongdukuh 3 Jombang elementary school.
This research is a qualitative descriptive study with research subjects, principals, teachers adn students. As for object of research is the situation and condition during learning activities outside of learning, teacher and student activities when learning activities. This research uses data collection techniques sech as observation, interviews, and documentation. Data analysis by data reduction, data display and conclusion. Data validity using source data triangulation.
The results shows that the implementation oh the 2013 curriculum at sambongdukuh 3 Jombang elementary school had run well according to government policies. Obstacles were found is, constraints in the procurement of instructional media, difficulties in filling out online reports, as well as student learning difficulties. However, these obstacles have been hoped to be overcomes thanks to the role of the principal and teachers who are very closely related to the successful implementation of the 2013 curriculum in Sambongdukuh 3 Jombang elementary school.