ABSTRAK
PENGELOLAAN ARSIP SURAT MASUK BERBASIS ELEKTRONIK (E-OFFICE)
PADA KANTOR WILAYAH DIREKTORAT JENDERAL PERBENDAHARAAN (DJPB) PROVINSI JAWA TIMUR
Nama : Pingkan Ernomo Putri
NIM : 16040263059
Program Studi : DIII Administrasi Negara 2016
Jurusan : Administrasi Publik
Fakultas : Ilmu Sosial dan Hukum
Nma Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Yuni Lestrasi, S.AP., M.AP.
Arsip memiliki peranan yang penting bagi organisasi, baik organisasi pemerintah maupun non pemerintah atau swasta yaitu pusat ingatan dan sebagai alat pengawasan secara tertulis dalam rangka kegiatan perencanaan, penganalisan, pengembangan, perumusan kebijakan pengambilan keputusan, pembuatan laporan, pertanggungjawaban, penilaian, dan pengendalian. Mengingat pentingnya suatu arsip bagi suatu organisasi, maka perlu penanganan secara khusus agar arsip-arsip tersebut tetap terjaga keberadaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pengelolaan Arsip Surat Masuk Berbasis Elektronik (e-office) pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur.
Penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui tiga tahapan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini mendeskripsikan tentang: 1 (satu) penatausahaan surat masuk menggunakan aplikasi e-office pada Subbagian Tata Usaha dan Rumah Tangga yang meliputi alur kegiatan penerimaan dan penilaian, disposisi pimpinan, dan distribusi dokumen berdasarkan Standart Operating Procedure Bagian Umum Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur; 2 (dua) mendeskripsikan pengelolaan arsip surat masuk berbasis elektronik (E-Office) pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Provinsi Jawa Timur yang meliputi kegiatan memindahkan dokumen, menyimpan dokumen, mengindeks dokumen, dan mengontrol akses. Kendala yang ditemukan pada salah satu prosesnya adalah berupa maintance atau perbaikan sistem.
Saran yang dapat direkomendasikan adalah maintance atau perbaikan sistem yang terjadi pada e-office hendaknya dilakukan saat malam hari ataupun saat libur agar tidak mengganggu jalannya pengelolaan kearsipan.
Kata kunci : pengelolaan, arsip elektronik, surat masuk
ABSTRACT
ELECTRONIC-BASED ENTERPRISES (E-OFFICE) ARCHIVE MANAGEMENT
IN THE OFFICE OF THE DIRECTORATE GENERAL OF REGENCY (DJPB) EAST JAVA PROVINCE
Name : Pingkan Ernomo Putri
Study Program : DIII 2016 State Administration
Department : Public Administration
Faculty : Social Sciences and Law
Nma Institute : Universitas Negeri Surabaya
Advisor : Yuni Lestari, S.AP., M.AP.
Archives have an important role for organizations, both government and non-government or private organizations, namely the memory center and as a written supervision tool in the context of planning, analyzing, developing, decision-making policy formulation, reporting, accountability, valuation, and control. Given the importance of an archive for an organization, it needs special handling so that the archives are maintained. The purpose of this study is to describe the Management of Electronic-Based Incoming Archives (e-office) at the Regional Office of the Directorate General of Treasury of East Java Province.
The research used is descriptive research with a qualitative approach. Data collection techniques are carried out through three stages, namely observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques used in this study through four stages, namely data collection, data reduction, data presentation, and conclusion.
The results of this study describe: 1 (one) administration of incoming letters using e-office applications in the Administration and Household Subdivisions which include the flow of acceptance and assessment activities, leadership disposition, and distribution of documents based on the Standard Operating Procedure of the General Office of the Regional Office of the Directorate General of Treasury East Java Province; 2 (two) describe the management of electronic-based incoming mail records (E-Office) at the Regional Office of the Directorate General of East Java Province which includes activities of moving documents, storing documents, indexing documents, and controlling access. Constraints found in one of the processes are in the form of maintance or system improvement.
Suggestions that can be recommended are maintenance or system improvements that occur in e-office should be done at night or during holidays so as not to interfere with the running of archival management.
Keywords: management, electronic archives, incoming mail