SIMULASI NUMERIK PENGARUH MODEL SCREW PADA SALURAN INTAKE MANIFOLD SEPEDA MOTOR TERHADAP DISTRIBUSI KECEPATAN DAN TEKANAN ALIRAN FLUIDA
Energi merupakan faktor terbesar pendorong kemajuan suatu negara. Energi fosil di bumi semakin menurun khususnya energi untuk bahan bakar. Sedangkan kebutuhan fosil untuk bahan bakar di zaman modern juga semakin meningkat mengingat berkembangnya teknologi. Kebutuhan tentang pentingnya kendaraan bermotor yang memiliki performa tinggi dan ramah lingkungan. Salah satu teknologi otomotif yang berkembang sampai saat ini adalah penggunaan turbo cyclone pada motor. Turbo cyclone merupakan salah satu teknologi dengan cara udara melewati turbo cyclone yang berawal dari aliran laminar menjadi aliran turbulen untuk mempercepat pencampuran bahan bakar udara dan menghasilkan campuran yang lebih homogen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi model pitch screw pada saluran intake manifold sepeda motor terhadap distribusi kecepatan dan tekanan aliran fluida.
Penelitian ini menggunakan metode simulasi numerik dengan memvariasikan tanpa screw 0 mm, pitch screw 25 mm, 33,3 mm, dan 50 mm pada saluran intake manifold sepeda motor. Hasil pada penelitian ini merupakan visualisasi dari velocity contour dan pressure contour.
Hasil penelitian ini menunjukkan velocity outlet tertinggi diperoleh dari variasi pitch screw 25 mm pada bilangan reynold 1,513 x 104 dengan nilai sebesar 12,99 m/s. sedangkan pressure outlet terendah diperoleh dari variasi pitch screw 25 mm pada bilangan reynold 1,513 x 104 dengan nilai sebesar -0,034 Pa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa memvariasikan model pitch screw pada saluran intake manifold sepeda motor dapat meningkatkan intensitas turbulensi fluida yang bermanfaat dalam perancangan saluran dan ruang bakar.
Kata Kunci: Sepeda motor, Intake Manifold, Pitch Screw, Velocity Contour, Pressure Contour, Simulasi.
Energy is the biggest driving factor for the progress of a country. Fossil energy on Earth is decreasing, especially energy for fuel. Meanwhile, the demand for fossil fuel in modern times is increasing, given the advancement of technology. There is a growing need for high-performance and environmentally friendly motor vehicles. One automotive technology that has been developing up to now is the use of turbo cyclones in engines. Turbo cyclone is a technology where air passes through a turbo cyclone, starting from laminar flow to turbulent flow to accelerate the mixing of fuel and air, resulting in a more homogeneous mixture. The aim of this research is to determine the effect of various pitch screw models on the intake manifold channel of a motorcycle on the distribution of fluid flow velocity and pressure.
This study employs a numerical simulation method by varying the screw pitch at 0 mm, 25 mm, 33,3 mm, and 50 mm in the motorcycle's intake manifold channel. The results of this research include visualizations of velocity contour and pressure contour.
The results of this study show that the highest outlet velocity is obtained from the 25 mm pitch screw variation at a Reynolds number of 1,513 x 104, with a value of 12.99 m/s. Meanwhile, the lowest outlet pressure is obtained from the 25 mm pitch screw variation at a Reynolds number of 1,513 x 104, with a value of -0.034 Pa. Therefore, it can be concluded that varying the pitch screw model in the motorcycle's intake manifold channel can increase the intensity of fluid turbulence, which is beneficial in the design of intake channels and combustion chambers.
Keyword: Motorcycle, Intake Manifold, Pitch Screw, Velocity Contour, Pressure Contour, Simulation.