VALIDITAS UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILL PESERTA DIDIK
VALIDITY OF INDEPENDENT LEARNING ACTIVITIES TO IMPROVE THE HIGHER ORDER THINKING SKILL OF STUDENTS
Penerapan Kurikulum 2013 menitikberatkan proses belajar pada keaktifan serta kemandirian peserta didik dalam mengolah informasi dengan melaksanakan pembelajaran menggunakan media yang disusun secara inovatif sehingga dapat meningkatkan keahlian peserta didik untuk berpikir tingkatan tinggi dalam menuntaskan suatu permasalahan. Penelitian ini dilakukan untuk menilai validitas media Unit Kegiatan Belajar Mandiri sebagai bahan ajar untuk dapat meningkatkan Higher Order Thinking Skill pada peserta didik kelas XI materi suhu dan kalor. Metode penelitian menggunakan model 4-D melalui tahapan define, design, develop serta disseminate tetapi tanpa menerapkan disseminate karena terhalang oleh situasi pandemi covid. Validasi dilakukan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Unit Kegiatan Belajar Mandiri yang diujikan kepada 3 validator terdiri dari 2 dosen fisika dan satu guru fisika dengan membagikan angket evaluasi penilaian. Hasil penilaian validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran mendapat rata - rata skor 90,41% dengan kriteria sangat valid serta presentase rata - rata validasi Unit Kegiatan Belajar Mandiri memperoleh skor 90,00% dengan kategori sangat valid yang memuat kontruksi soal Higher Order Thinking Skill pada tingkatan menganalisis (C4) 41,55%; mengevaluasi (C5) 36,17% serta tingkatan mengkreasi (C6) 21,28% yang menunjukkan bahwa perangkat dan media yang sudah dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid dan dapat diterapkan untuk meningkatkan keahlian Higher Order Thinking Skill peserta didik.
Kata kunci: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Unit Kegiatan Belajar Mandiri, dan Higher-Order Thinking Skill.
Implementation of curriculum 2013 emphasizes the learning process on the activeness of learners in processing information by carrying out learning using innovatively arranged media to improve the skills of learners to think at high levels in solving a problem. This study was conducted to assess the validity of the media Self-Learning Activity Unit as teaching material to improve Higher-Order Thinking Skills in students of grade XI temperature and heat materials. The research method uses 4-D models through define, design, develop and disseminate stages but without applying to disseminate because it is hindered by the covid pandemic situation. Validation is carried out on Learning Implementation Plan and Self-Learning Activity Unit which is tested to 3 validators consisting of dividing assessment questionnaire. The results validation assessment of the Learning Implementation Plan got an average score of 90,41% with very valid criteria and percentage of validation Self-Learning Activity Units obtained a score of 90,00% with a very valid category containing the construction of Higher-Order Thinking Skills level of analyzing (C4) 41,55%; evaluate (C5) 36,17% and create (C6) 21,28% which indicates that devices and media that have been developed fall into the category very valid and applicable capabilities Higher-Order Thinking Skills of learners.
Keywords: Learning Implementation Plan, Self-Learning Activity Units, and Higher-Order Thinking Skills