ABSTRAK
Sahara, Ilma. 2019. Serapan Murid dalam Menindaklanjuti Umpan Balik Korektif Lisan Guru. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Ahmad Munir, Ph.D, dan (II) Slamet Setiawan, Ph.D.
Kata-kata Kunci: Umpan balik, Umpan balik korektif lisan, Serapan murid, Menindaklanjuti.
Studi ini mengeksplorasi berbagai jenis serapan murid dalam menindaklanjuti umpan balik korektif lisan yang diberikan oleh guru dalam kelas bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL) di Sekolah Menengah Pertama. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang merangkul karakteristik studi kasus.
Data yang diperoleh merupakan hasil analisa dari rekaman video dan catatan lapangan di observasi selama enam kali pertemuan guna menangkap jenis umpan balik korektif lisan guru dan serapan murid yang digunakan dalam interaksi di kelas, selain itu faktor yang memengaruhi serapan yang sukses dan gagal. Temuan pertama mengungkapkan bahwa guru menggunakan lima jenis umpan balik korektif lisan yaitu; perombakan, perbaikan secara eksplisit, meminta klarifikasi, umpan balik metalinguistik dan pengulangan. Akibatnya, para siswa merespons dengan berbagai jenis serapan seperti perbaikan, butuh perbaikan dan juga tidak ada serapan jika siswa tidak merespons apapun. Distribusi serapan murid mengikuti berbagai jenis umpan balik korektif lisan yang diberikan oleh guru.
Data menunjukkan bahwa umpan balik perombakan adalah yang paling banyak diterapkan dalam interaksi oleh guru dan menghasilkan serapan perbaikan tertinggi yang berupa pengulangan. Temuan mengindikasikan bahwa umpan balik yang menuntut murid melakukan perbaikan ternyata sedikit digunakan, itu menyebabkan lemahnya perbaikan mandiri dari murid. Sedangkan data yang mengemukakan faktor yang memengaruhi serapan yang sukses dan gagal, ditemukan beberapa faktor seperti kesadaran murid, jenis umpan balik dan pengetahuan awal murid. Bagaimanapun, kecenderungan yang dihasilkan dalam penggunaan umpan balik korektif lisan itu adalah pilihan guru yang dapat memengaruhi murid dalam menindaklanjuti dan menghasilkan serapan.
Sebagai kesimpulan, perombakan masih mempertahankan kinerja yang tinggi karena ia merupakan umpan balik korektif lisan yang lebih disukai oleh para guru. Ini jelas menuntun siswa untuk semata-mata menggunakan serapan pengulangan tanpa menuntut reformulasi siswa dengan proses berpikir yang mendalam. Investigasi lebih lanjut diperlukan untuk melihat apa yang terjadi di dalam pikiran pelajar, dengan kata lain apa persepsi siswa terhadap umpan balik korektif lisan guru atau bagaimana mereka memandangnya.
ABSTRACT
Sahara, Ilma. 2019. Students Uptake in Following Up Teacher Oral Corrective Feedback. Thesis, Language and Literature Education Postgraduate, State University of Surabaya. Supervisor: (I) Ahmad Munir, Ph.D, dan (II) Slamet Setiawan, Ph.D.
Key Words: Feedback, Oral corrective feedback, Uptake, Follow up, Scaffold.
This study investigates various types of students uptake in following up oral corrective feedback given by the teacher in EFL classroom in a Junior High School. The research method uses a descriptive qualitative design which embraces the characteristics of this study.
.
The data were obtained from the result of analyzing the video recordings and field note in observations during six meetings to capture the type of teacher oral corrective feedback and students uptake used in the classroom interactions, besides the factors that influence successful and failed uptake. The first finding revealed that the teacher used five types of oral corrective feedback namely; recasts, explicit correction, clarification request, metalinguistic feedback and repetition. As the result, students follow up with various types of uptake such as repair, need repair and no uptake, when the student does not respond to the feedback. The distribution of students uptake follows various types of oral corrective feedback which were provided by the teacher.
The data showed that oral corrective feedback on recast was the most widely applied by the teacher in the interaction and produced the highest reaction of uptake in the form of repetition. The findings indicated that oral corrective feedback type which demands the students to make their own reformulation (prompts), it turned out to be low rate of use. It caused weak self-repair of the students. While the data that talked about the factors influencing successful and failed uptake, there were found several factors such as student noticing, type of feedback and students prior knowledge. However, the preference in the use of oral corrective feedback is the teachers choice which indirectly can influence the students in following up and producing the uptake.
In conclusion, recast still maintains its high performance as mostly preferred oral corrective feedback by the teachers. It obviously leads the students into mere repetition uptake without demands students reformulation with deep thinking process. Further investigation is needed to see what comes to pass inside the learners head, in other words what the students perception is toward the teachers oral corrective feedback or how they perceive it.