The Development of Make a Match Card Learning Media on Animal Tissue Material to Improve Cognitive Learning Results
Sistem pendidikan diartikan sebagai sebuah proses dalam mendapatkan sesuatu yang baru, di mana proses tersebut dapat mengembangkan potensi dalam diri kemudian dapat meningkatkan minat belajar siswa. Meningkatnya minatbelajarsiswaakanberdampakbaikbagikegiatanbelajarmengajarsehinggahasilbelajardapattercapai.Pembelajaran yang selama ini dilakukan terkesan masih kurang optimal, sementara siswa dituntut untuk menguasai semuakonsep yang ada, khususnyapada materiJaringan Hewan. Kurang optimalnyamedia pembelajaran menjadi salah satu alasan mengapa hasil belajar siswa menurun. Untuk itu dibutuhkan media pembelajaran yang dapat berperan sebagaijembatan pemahaman konsep. Tujuan penelitian iniyaituuntuk mendeskripsikan tingkat keefektifan dan kepraktisan penggunan media pembelajaran kartu Make a-Match pada materi Jaringan Hewan. Penelitian ini termasuk penelitiandeskriptif kuantitatif. Model yang digunakan yaitu ASSURE dengan enam tahapan. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan one group pretest-posttest design. Uji coba dilaksanakan di XI MIPA 4 SMAN 8 Surabaya.Instrumen penelitian meliputi lembar tes, validasi, observasi, dan respon siswa. Hasil menunjukkan bahwa ketuntasan indikator mendapat skor sebesar 75 % dengan kategori tuntas, validasi mendapat skor sebesar 79.3%dengan kategori valid, observasi keterlaksanaan sebesar 100 % dengan kategori sangatbaik, dan respon siswa sebesar 94.5% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian media pembelajaran Kartu Make a-Match dapat digunakan untuk proses pembelajaran di sekolah.
The education system is defined as a process of learning something new, where the process can develop the potential within and then increase student interest in learning Increasing students' learning interest will have a good impact on teaching and learning activities so that learning results can be achieved. The learning that has been carried out so far seems to be still less than optimal, while students are required to master all existing concepts, especially on Animal Tissuematerial.In addition, the lack of optimal learning media is one of the reasons why student learning results’ decline. For that, it takes a learning media that can act as a bridge to understanding the concepts. The purpose of this research was to describe the level of effectiveness and practicality of using the Make a Match cards on Animal Tissue material. This research was quantitative descriptive research. The model used was ASSURE with six stages. This study used a one group pretest-posttest design. The trial was carried out at XI MIPA 4 SMAN 8 Surabaya.Research instruments included test sheets, validation, observation, and student responses. The results showed that the completenessindicatorscores75% inthe completecategory,validationscores79.3% inthevalidcategory, the implementation observation was 100% in the very good category, and student responses were 94.5% in the very practical category.Thus,the Make a-Match Card learning media can be used for the learning process at school