ABSTRAK
IMPLEMENTASI EDMODO DALAM MENGAJAR PENULISAN TEKS IKLAN UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS
Nama
: Claudia Saraswatie
NIM
: 14020084016
Program Studi
: S-1
Jurusan
: Pendidikan Bahasa Inggris
Fakultas
: Bahasa dan Seni
Nama Lembaga
: Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing
: Syafiul Anam, PhD.
Keywords: Menulis, Pengajaran Menulis, Edmodo, Teks Iklan
Menulis adalah salah satu kemampuan primer dalam berbahasa Inggris. dan Bahasa Inggris sangat penting dalam memfasilitasi pelajar EFL untuk berinteraksi secara global. Pelajar mulai belajar untuk berkomunikasi dengan satu sama lain dalam bentuk tulisan. Menurut Nystrand (1989), cara penulisan yang harus benar benar dipahami oleh pembaca harus mencakup ide yang dapat di implementasikan dalam bacaan penulisan. Sementara itu, menulis meurpakan sebuah proses yang melibatkan penulis dalam menuangkan ide dalam bentuk tulisan (Sénéchal & Young, 2008). Selain itu, Liu and Sadler (2003) menegaskan bahwa menulis adalah kemampuan dalam bentuk kata-kata atau teks yang memiliki nilai sehingga pembaca dapat mendapatkan keuntungan dalam membacanya. Dalam hal pemahaman mengenai kesulitan dalam menulis, guru bahasa Inggris harus paham materi dan media yang dapat diterima dalam mengajar menulis. Para guru harus kreatif dalam mengajarkan materi dalam aktivitas-aktivitas pembelajaran dan lebih memperhatikan dalam pemilihan media sebelum mereka memaparkannya kepada siswa. Terlebih lagi, keefektifan teknologi online dapat berkontribusi pada pembelajaran, komunikasi, dan sosialisasi siswa. Menurut Broughton, Brumfit, Pincas, and Wilde (1978), pelajar dari seluruh dunia dapat menunjukkan performa akademi yang lebih baik saat bersosialisasi secara informal dalam cakupan yang besar. Maka dari itu, hal ini menjadi tantangan bagi guru yang tidak biasa dengan hal digital untuk menguasai masalah-masalah pembelajaran online dalam hal bersosialisasi dan berkomukinasi menggunakan platform online seperti Edmodo.
Penelitian ini dilakukan untuk menemukan implementasi platform Edmodo dalam pembelajaran teks iklan. Pendekatan kualitatif dipilih agar dapat mengetahui secara dalam bagaimana strategi guru dalam mengimplementasi pembelajaran. Penelitian ini memiliki dua fokus yang dijadikan Research Questions, yaitu (1) bagaimana guru mengimplementasikan platfor edmodo dalam pembelajaran teks iklan? dan (2) efek apa yang diberikan oleh implementasi edmodo pada cara penulisan siswa.
Ditemukan bahwa setelah implementasian Edmodo, pembelajaran dan penugasan menulis jadi lebih mudah dan praktis. Para siswa menjadi lebih disiplin dalam mengumpulkan tugas dan lebih antusias pada aktivitas pembelajaran. Hasil dari tulisan siswa juga menunjukkan bahwa mereka mengalami kemajuan dalam menulis teks iklan. Selain itu, penggunaan Edmodo juga telah mengubah kemampuan mereka dalam menulis teks iklan; memberikan mereka lebih banyak ide untuk dijelajahi dan dikerjakan, mengenalkan mereka pada kosakata yang baru dan penting dalam menulis teks iklan; dan juga memberikan mereka gambaran lengkap mengenai bagaimana teks iklan seharusnya dituliskan.
ABSTRACT
THE IMPLEMENTATION OF EDMODO IN TEACHING WRITING OF ADVERTISEMENT TEXT FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
Name
Study Program
Department
: English Department
Faculty
: Language and Art
Institution
: State University of Surabaya
Advisor
Keywords: Writing, Teaching Writing, Edmodo, Advertisement Text
Writing is one of the primary skills in English. English is crucial to facilitating EFL learners to interact globally. The learners begin learning to communicate with others through written form. According to Nystrand (1989), writing that should be truly accepted by the readers includes the idea that can be implemented in the passage of writing. Meanwhile, writing means a process that enables writers to share a thought in a paper form (Sénéchal & Young, 2008). Furthermore, Liu and Sadler (2003), states that writing is a skill in the form of words or text that has meaningful truth-value so that the readers can get the profits from writing. Regarding understanding the difficulty of writing, the English teachers should understand the material and media that are acceptable in teaching writing. The teacher must be creative to teach the material in the learning activity and more concerned to choose some media before the teacher delivers it to the students. Moreover, the effectiveness of online network technologies can contribute to the way learners study, communicate and socialize. According to Broughton, Brumfit, Pincas, and Wilde (1978), it is stated that the students in the world will be more powerful in academic performance when socializing informally with a great network. Therefore, it is a challenging idea for non-digital-native teachers to master the learning issues online in terms of socializing and communicating with the students using an online platform such as Edmodo.
This study was conducted in order to find out the implementation of the Edmodo platform in teaching advertisement text. The qualitative approach was chosen to get a deeper understanding of the strategies that the teacher used. There is two focus in this research which becomes the research questions; (1) How does the teacher implement the Edmodo platform in the teaching and learning of writing advertisement text? and (2) What effect does the implementation of Edmodo teaching and learning of writing advertisement text have in their writing?
The study found that after the implementation of Edmodo, the writing learning activity and the task became easy and practical. The students were able to discipline to submit the assignment and enthusiastic during the learning activity. The students’ writing results also showed that their progress is an increase in write advertisement text. Moreover, the use of Edmodo seemed to have altered students’ ability in writing advertisement text. It gives them more ideas to explore and work with, it introduces them to new and necessary vocabulary and diction in writing an advertisement, and it also gives them a thorough idea of how an advertisement should be.