PENGGUNAAN GOOGLE FORM SEBAGAI ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATA PELAJARAN BAHASA JEPANG
USING GOOGLE FORM AS A JAPANESE LANGUAGE LEARNING EVALUATION TOOL IN DISTANCE LEARNING
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan Google Form sebagai alat evaluasi pembelajaran jarak jauh mata pelajaran bahasa Jepang di era pandemi Covid-19. Sasarannya adalah siswa SMA yang sedang mempelajari mata pelajaran bahasa Jepang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif karena menunjukkan gambaran tanggapan siswa terhadap penggunaan Google Forms sebagai alat evaluasi pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis.
Hasil penelitian setelah menghitung data menggunakan rumus dengan skor rata-rata 124.4 (70.4%) menunjukkan bahwa banyak siswa yang merespon positif penggunaan google form sebagai alat evaluasi untuk pembelajaran jarak jauh belajar mata pelajaran bahasa Jepang. kemudian hasil angket juga menunjukkan bahwa google form sangat efektif, menghemat biaya dan waktu yang tepat bagi siswa saat melakukan evaluasi di masa pandemi ini.
Kata Kunci: Google Form, Alat Evaluasi, Respon siswa
This study aims to find out how to use Google Forms as an evaluation tool for distance learning Japanese language subjects in the Covid-19 pandemic era. The target is high school students who are studying Japanese subjects. This study uses qualitative research because it shows a description of student responses to the use of Google forms as a learning evaluation tool. The method used in this research is descriptive analytical method.
The results of the research after calculating the data using the formula with an average score of 124.4 (70.4%) showed that many students responded positively to the google form as an evaluation tool for learning away from Japanese subjects. then the results of the questionnaire also show that the google form is very effective, saving costs and the right time for students when conducting evaluations during this pandemic era.
Kata Kunci: Google Form, Evaluation tool, student respon