Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V B SDN Menanggal. Hal tersebut dikarenakan kurangnya dalam penggunaan media pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif, dan menjadikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS rendah. Oleh karena itu, peneliti ingin memperbaiki hasil belajar siswa dengan menggunakan media Diorama. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran dengan menggunakan media diorama serta meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS di kelas V B SDN Menanggal.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanan tindakan dan pengamatan serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media Diorama, hasil belajar siswa kelas V B mengalami peningkatan. Data hasil aktivitas guru menunjukkan peningkatan, pada siklus I mencapai 74,37%, siklus II mencapai 77,97% dan siklus III meningkat 87,5%. Sedangkan aktivitas siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I mencapai 67,18%, siklus II mencapai 79,68%, dan siklus III meningkat 87,5%. Aktivitas guru dan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yaitu ≥80%. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 54,16%, siklus II mencapai 75%, dan siklus III mencapai 87,55%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa serta aktivitas guru dan siswa setelah penggunaan media pembelajaran Diorama.
Kata Kunci : Media Diorama , Hasil Belajar, Pembelajaran IPS
The background of this research is the low of IPS learning outcomes grade VB in SDN Menanggal. It’s caused by less of use learning media. So the students are inactive and make IPS learning outcomes low. Therefore, the researcher wants to improve students’ learning outcomes by using Diorama media. The aim of this research is to describe the teacher and students’ activity in teaching learning process by using Diorama media and increase IPS learning outcomes grade VB in SDN Menanggal.
The research method used is PTK (Classroom Action Research). There are 3 cycles, every cycles include planning, action implementation and observation, and reflection. Data collection technique uses observation and test. This research result shows that by using Diorama media, the students’ learning outcomes in grade VB is increased.
The data of teacher’s activity result shows enhancement. In cycle 1, it reaches 74, 37%, cycle 2 reaches 77.97%, and cycle 3 increases 87,5%. While students’ activity is also increased. In cycle 1, it reaches 67,18%, cycle 2 reaches 79,68%, and cycle 3 increases 87,5%. The teacher and students’ activity reached success indicator 80%. Classical completeness of students’ learning result in cycle 1 reaches 54,6%, cycle 2 reaches 75%, and cycle 3 reaches 87,55%. The researcher concludes that this research is increased in the students’ learning outcomes and teaching learning process after using Diorama media.
Keyword; Diorama media learning outcomes, learning IPS