Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Penemuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif pada Siswa SMP
Implementation of Discovery-Based Learning Model to Increase Cognitive Learning Outcomes in Junior High School Students
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan hasil belajar kognitif menggunakan implementasi model pembelajaran berbasis penemuan, serta respon siswa terhadap pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan analisis statistik. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-C di SMP Semen Gresik sebanyak 25 orang yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penentuan partisipan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Adapun instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yakni teknik observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar tes berupa soal pilihan ganda, serta lembar angket respon siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan hasil keterlaksanaan pembelajaran dengan rerata sebesar 85,2% termasuk dalam kriteria pembelajaran sangat baik. Hasil analisis uji N-Gain mendapatkan nilai sebesar 0,57 termasuk dalam kategori peningkatan sedang. Hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan yang signifikan dari hasil uji-t berpasangan dengan nilai probabilitas sebesar 0,00 < 0,05. Hasil analisis angket respon siswa terhadap pembelajaran berbasis penemuan menunjukkan hasil yang positif dari siswa dengan rerata nilai 92% termasuk dalam kriteria sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis penemuan terhadap hasil belajar kognitif serta respon positif oleh siswa terhadap pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah implementasi pembelajaran berbasis penemuan dapat meningkatkan hasil belajar.
This research aims to describe the implementation of learning, improving cognitive learning outcomes using the implementation of discovery-based learning models, as well as student responses to learning. The research method used is quantitative research and uses statistical analysis. This research is a pre-experimental using One Group Pretest-Posttest Design. The participants in this study were students of class VII-C at SMP Semen Gresik as many as 25 people consisting of 15 male students and 10 female students. Determination of participants in this study using purposive sampling technique. The instruments used in data collection were the observation technique for the implementation of learning, test sheets in the form of multiple-choice questions, and student response questionnaire sheets. The results obtained showed the results of the implementation of learning with an average of 85,2% included in the criteria for very good learning. Test analysis N-Gain got a value of 0,57 which is included in the moderate increase category. Students' cognitive learning outcomes experienced a significant increase from the paired t-test results with a probability value of 0.00 < 0,05. The results of the questionnaire analysis of student responses to discovery-based learning showed positive results from students with an average score of 92% included in the very good criteria. The conclusion of this study is that there is an effect of discovery-based learning models on cognitive learning outcomes and positive responses by students to learning. The implication of this research is that the implementation of discovery-based learning can improve learning outcomes.