PEMBELAJARAN PJOK DI SMP NEGERI SE-KABUPATEN GRESIK BAGIAN SELATAN PADA MASA PANDEMI COVID-19
PJOK LEARNING AT STATE JUNIOR HIGH SCHOOLS IN THE SELATAN OF GRESIK DISTRICT DURING THE COVID-19 PANDEMIC
Pendidikan merupakan salah satu hal yang penting dalam kehidupan setiap orang untuk mengembangkan potensi diri dalam hal keilmuan, kepribadian, keterampilan, spiritual, dan akhlak serta pengendalian diri. Namun pelaksanaan pembelajaran saat ini khususnya PJOK harus terkendala dikarenakan wabah virus corona yang menyebar luas di belahan dunia yang menyebabkan semua aktifitas harus terbatasi guna menghentikan penyebaran Covid-19. Salah satu dampaknya dalam dunia pendidikan yaitu dengan diterapkannya pembelajaran jarak jauh (online). Tujuan pada penelitian ini ialah untuk meninjau pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SMP Negeri se-Kabupaten Gresik bagian selatan di era pandemi Covid-19. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner dengan pernyataan sejumlah 30 butir yang disebarkan menggunakan google form. Pada penelitian ini teknik analisis data menggunakan teknik analisis deksriptif kuantitatif dengan persentase. Populasi pada penelitian ini ialah guru PJOK yang berjumlah 32 dari 15 sekolah (total populasi sampling). Hasil penelitian secara keseluruhan (pendahuluan, inti pembelajaran, penutup) adalah 22 orang dengan jumlah 69% masuk dalam kategori Sangat Baik, lalu dari 10 orang dengan jumlah 31% masuk dalam ketegori Baik, Kurang Baik 0%, Sangat Kurang Baik 0%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PJOK di SMP Negeri se-Kabupaten Gresik bagian selatan pada masa pandemi Covid-19 tahun ajaran 2020/2021 sebagian besar masuk dalam kategori Sangat Baik dengan memperoleh nilai rata-rata 104 dari nilai maksimal 120.
Education is one of the important things in everyone's life to develop self-potential in terms of knowledge, personality, skills, spirituality, and morals as well as self-control. However, the current implementation of learning, especially PJOK, must be constrained due to the outbreak of the corona virus which is spreading widely in parts of the world which causes all activities to be limited in order to stop the spread of Covid-19. One of the impacts in the world of education is the implementation of distance learning (online). The purpose of this study is to review the learning of Physical Education, Sports and Health in State Junior High Schools throughout the southern part of Gresik Regency during the Covid-19 pandemic era. The research conducted was a quantitative descriptive study using survey methods. Data collection techniques were carried out through questionnaires with statements of 30 items which were distributed using the Google form. In this study, data analysis techniques used quantitative descriptive analysis techniques with percentages. The population in this study were 32 PJOK teachers from 15 schools (total population sampling). The results of the study as a whole (introduction, core of learning, closing) are 22 people with a total of 69% are in the Very Good category, then out of 10 people with a total of 31% are in the Good category, 0% Poor, 0 Very Poor 0%. Based on these data, it can be concluded that most of PJOK learning in Public Middle Schools throughout the southern part of Gresik Regency during the Covid-19 pandemic for the 2020/2021 school year was mostly in the Very Good category by obtaining an average score of 104 out of a maximum score of 120.