Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan muatan pendidikan dalam novel kisah sang penandai karya tere liye dengan menggunakan kajian pendidikan paulo friere yaitu pemberantasan buta huruf pendidikan gaya bank pendidikan hadap masalah dan hubungan ketiga konsep konsientisasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan pragmatik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode kepustakaan dan simak catat. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif dan metode hermeneutika terhadap data dengan melakukan beberapa langkah yaitu mencermati membaca heuristik dan hermenuitik menafsirkan dan menyajikan laporan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan muatan pendidikan yang termuat dalam novel kisah sang penandai karya tere liye melalui konsep pendidikan paulo friere yaitu pemberantasan buta huruf dengan kesadaran kritis jim mampu keluar dari derita buta huruf. Pendidikan gaya bank diajarkan oleh sang penandai pendeta tua dan jim. Subjek yang dapat diatur dalam pendidikan gaya bank adalah jim laksamana ramirez nayla rhenald tigris dan pate. Pendidikan hadap masalah dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi oleh para tokoh dialami oleh jim laksamana ramirez pate si mata elang dan perompak yang zhuyi. Konsientisasi hubungan tiga konsep muatan pendidikan paulo friere direpresentasikan oleh tokoh jim. Tokoh jim mengalami fase kesadaran magis kesadaran naif dan kesadaran kritis.
This study aiming to describe the educational content in tere liye kisah sang penandai using paulo friere peer review that is eradicating illiteracy banking style education problem across education and the relationship of the three concept conscientizacao. Method that used in this study is qualitative with pragmatic approach. Method of collecting data is this study is literature and note taking method. Data analysis method using descriptive and hermeneutics method towards the data be doing few steps which is punctilious heuristic and hermeneutical reading interpretation provide a report on research results. The result of the study shows educational content that contained in tere liye kisah sang penandai through paulo friere education concept that is eradicating illiteracy with critical awareness jim capable to get out from illiteracy. Banking style education teach by sang penandai pendeta tua dan jim. Subject that can be arranged in banking style education is jim laksamana ramirez nayla rhenald trigis, and pate. problem across education done complete the problem that being faced by the characters experienced by jim laksamana ramirez pate si mata elang and perompak yang zhuyi. Conscientizacao the relationship of three concept of paulo friere educational content represented by jim. Jim experienced magic awareness phase naïve awareness and critical awareness.