Developing English Learning Materials for Grade XI Students of Multimedia Study Program
Baik SMA dan SMK menggunakan buku pelajaran wajib berbahasa Inggris yang sama yang disediakan oleh pemerintah. Sekolah menengah kejuruan adalah sekolah yang menyediakan beberapa jurusan dengan kebutuhan khusus, maka dari itu materi bahasa Inggris yang dipelajari oleh siswa harus sesuai dengan kurikulum terbaru yang juga mewakili fokus dari setiap program studi di setiap tingkat untuk memenuhi kebutuhan siswa. Akan tetapi, peneliti menemukan beberapa masalah terkait dengan materi yang digunakan oleh jurusan Multimedia di SMK N 12 Surabaya karena materi bahasa Inggris yang digunakan yaitu bahasa Inggris umum. Kemudian, guru juga kesulitan menemukan bahan yang tepat untuk siswa jurusan multimedia.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan materi bahasa Inggris yang harus dimasukkan dalam materi bahasa Inggris untuk jurusan Multimedia. 2) untuk mendeskripsikan materi pengembangan bahasa Inggris untuk jurusan Multimedia. Penelitian dan pengembangan mengadaptasi model pendekatan sistem yang diusulkan oleh Gall dan Borg (2003). Langkah-langkah penelitian adalah melakukan analisis kebutuhan, perencanaan, merancang bahan pembelajaran, evaluasi bahan, dan revisi atau menulis draft akhir. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI program studi multimedia di SMK N 12 Surabaya. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner analisis kebutuhan, daftar adaptasi materi, dan panduan untuk wawancara. Hasil analisis kebutuhan digunakan untuk merancang silabus sebagai pedoman bagi peneliti untuk mengembangkan draft pertama. Kemudian, guru akan mengevaluasi draft pertama. Hasil evaluasi materi dianalisis oleh peneliti untuk merevisi draf pertama kemudian menulis draf akhir.
Hasil dari penelitian ini adalah produk berupa buku yang terdiri dari satu unit materi pembelajaran bahasa Inggris. Ada beberapa bagian dalam materi ini: (1) pendahuluan atau warmer; (2) isi materi yang meliputi mengamati, mempertanyakan, mengumpulkan data, mengasosiasikan, dan menciptakan; dan (3) penutupan atau refleksi. Berdasarkan komentar guru terhadap materi yang dikembangkan yang mencakup; bahasa, konten, dan grafik, materi dikategorikan telah sesuai dengan siswa jurusan multimedia karena didasarkan pada kebutuhan siswa.
Both Senior High School and Vocational High School use the same English compulsory textbook provided by the government. Vocational high school provides several majors with narrow needs, therefore, English materials learned by the students should be in line with the newest curriculum that characterizes the focuses of each study program in all stage to encounter the learners’ needs. Yet, the researcher found some inappropriate materials used by Multimedia program at SMK N 12. The English materials still use general English. Moreover, the teacher also finds difficulties in finding the suitable materials.
The goals of this study were 1) to describe the English materials that should be involved in the English materials for the Multimedia program. 2) to describe the English developing materials of the Multimedia program. The research and development adapted the system approach model suggested by Gall and Borg (2003). The phases of the study were conducting the need analysis, planning, designing the learning materials, evaluating the materials, and revision or writing the last draft. The research subjects were grade XI students of multimedia study program at SMK N 12 Surabaya. The instruments were the questionnaire of need analysis, material adaptation checklist and the interview guide. The need analysis results were become a basis to design the syllabus as the guideline for the researcher to make the first draft. Then, the teacher evaluates the first draft. The materials evaluation results were analyzed by the researcher in order to assess the first draft then writing the last draft.
As a result, the outcome of this study is one unit of English learning materials. There are several parts in this material: (1) warm-up activity; (2) the materials content which consist of observing, questioning, collecting data, associating, and creating; and (3) self-evaluation and reflection. According to the teacher’s answer to the materials developed by the researcher; the language, the content, and the graphic of the materials are categorized as suitable since it based on the students’ needs.