Latar belakang penelitian ini berdasarkan hasil observasi di SMKN 3 Jombang dimana tidak adanya modul praktikum yang menunjang proses pembelajaran materi instalasi motor listrik sehingga peserta didik kurang memahami materi tersebut, dari permasalahan di atas perlu dikembangkan bahan ajar modul praktikum berbantuan software Festo Fluidsim. Penggunaan modul praktikum berbantuan software Festo Fluidsim diharapkan dapat memberi solusi bagi guru untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul praktikum berbantuan software Festo Fluidsim yang layak untuk digunakan, dinilai dari tiga aspek yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Aspek kevalidan ditentukan dari penilaian validator, aspek kepraktisan ditentukan dari respon guru dan respon peserta didik, dan aspek keefektifan ditentukan dari hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan 7 langkah penelitian yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan masalah, desain & produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, dan analisis dan pelaporan. Selanjutnya pada penelitian ini menggunakan 2 kelas sampel yaitu XI TITL 1 sejumlah 31 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan XI TITL 2 sejumlah 31 peserta didik sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian untuk aspek kevalidan modul praktikum berbantuan software Festo Fluidsim dinyatakan sangat valid dengan rating 91,01%. Hasil penelitian untuk aspek kepraktisan modul praktikum yaitu: (1) respon guru mendapatkan respon sangat baik dengan rating 97,20%, (2) respon peserta didik mendapatkan respon sangat baik dengan rating 95,40%. Hasil penelitian untuk aspek keefektifan modul praktikum yaitu: (1) hasil belajar ranah afektif peserta didik diperoleh dari rerata kelas eksperimen yaitu 87,10 dan kelas kontrol 84,84 dan pada Uji t didapat thitung > ttabel (1,94 > 1,67). Hasil tersebut menunjukkan kedua kelas memiliki hasil belajar ranah afektif peserta didik yang berbeda, (2) hasil belajar ranah kognitif peserta didik diperoleh dari rerata kelas eksperimen yaitu 87,18 dan kelas kontrol 82,81 dan pada Uji t didapat thitung > ttabel (5,53 > 3,23). Hasil tersebut menunjukkan kedua kelas memiliki hasil belajar ranah kognitif peserta didik yang berbeda, (3) hasil belajar ranah psikomotor peserta didik diperoleh dari rerata kelas eksperimen yaitu 87,10 dan kelas kontrol 83,23 dan pada Uji t didapat thitung > ttabel (2,99 > 2,66). Hasil tersebut menunjukkan kedua kelas memiliki hasil belajar ranah psikomotor peserta didik yang berbeda, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul praktikum yang dikembangkan layak untuk digunakan ditinjau dari 3 aspek yaitu aspek kevalidan, aspek kepraktisan, dan aspek keefektifan.
Kata Kunci: Modul Praktikum, Software Festo Fluidsim, Instalasi Motor Listrik.
The background of this study is based on the results of observations in SMKN 3 Jombang where there is no practicum module that supports the learning process of electric motor installation materials so that students do not understand the material, from the above problems need to develop teaching materials module assisted by Festo Fluidsim software. The use of practicum modules assisted by Fluidsim Festo software is expected to provide solutions for teachers to improve student learning outcomes. This study aims to develop a practicum module assisted by Festo Fluidsim software that is feasible to use, assessed from three aspects, namely validity, practicality, and effectiveness. The validity aspect is determined from the validator's assessment, the practical aspects are determined from the teacher's response and the students 'responses, and the effectiveness aspects are determined by the students' learning outcomes. This study uses 7 steps of research, namely: potential and problems, problem collection, design & product, product validation, product revision, product testing, and analysis and reporting. Furthermore, in this study using 2 sample classes, namely XI TITL 1, a total of 31 students as the experimental class and XI TITL 2 a number of 31 students as the control class.The results of the research for the validity aspect of the practicum module assisted by Festo Fluidsim software were stated to be very valid with a rating of 91.01%. The results of the study for practicality aspects of the practicum module are: (1) the teacher's response gets a very good response with a rating of 97.20%, (2) the response of students gets a very good response with a rating of 95.40%. The results of the study on the effectiveness of practicum modules are: (1) the affective learning outcomes of students obtained from the average experimental class of 87.10 and the control class 84.84 and the t test is obtained tcount > ttable (1.94 > 1.67). These results showed that the two classes have different student affective learning outcomes, (2) the cognitive learning outcomes of students are obtained from the average experimental class 87.18 and the control class 82.81 and the t test obtained tcount > ttable (5.53 > 3.23). These results showed that the two classes have different student cognitive learning outcomes, (3) the psychomotor domains of learning outcomes were obtained from the experimental class average of 87.10 and the control class 83.23 and on t test obtained tcount > ttable (2.99 > 2.66). These results showed that the two classes have different student psychomotor learning outcomes, so that it can be concluded the practicum module developed is feasible to use in terms of three aspects: validity, practical, and effectiveness aspects.
Keywords: Practicum Module, Festo Fluidsim Software, Electrical Motor Installation.