ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA UKM RUMAH KOPI TEMANGGUNG
ANALYSIS OF THE MARKETING STRATEGY AT RUMAH KOPI TEMANGGUNG’S UKM
Strategi pemasaran yang tepat mempunyai peran penting bagi UKM sehingga mampu meningkatkan daya saing produk yang dihasilkan. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan rekomendasi strategi pemasaran yang tepat umtuk diterapkan dan dikembangkan pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Rumah Kopi Temanggung. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tringulasi data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang dilakukan kepada pemilik dan karyawan UKM Rumah Kopi Temanggung, serta Kepala DisperindagKop dan UMKM Kabupaten Temanggung. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal. Berdasarkan hasil analisis data matriks SWOT diperoleh total skor IFE sebesar 3,22 dan total skor EFE sebesar 2,99 menghasilkan posisi matriks di kuadran 1 dengan strategi IE sehingga memanfaatkan peluang yang ada dengan kekuatan yang di miliki UKM Rumah kopi Temanggung.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, UKM Rumah Kopi Temanggung.
The right marketing strategy has an important role for UKM so that they can increase the competitiveness of the products produced. The purpose of this study is to produce recommendations for appropriate marketing strategies to be applied and developed at Small and Medium Enterprises (UKM), Temanggung Coffee House. The research data collection technique used data triangulation techniques, namely observation, interviews, and documentation, which was carried out to the owners and employees of the Temanggung Coffee House UKM, as well as the Head of the Department of Industry and Trade and Cooperatives and UMKM of Temanggung Regency. Data analysis techniques through data collection, data reduction, data presentation, and concluding, by identifying internal factors and external factors. Based on the results of the SWOT matrix data analysis, it was obtained a total IFE score of 3.22 and a total EFE score of 2.99 resulting in a matrix position in quadrant 1 with the IE strategy to take advantage of the opportunities that exist with the strengths of the Temanggung Coffee House UKM.
Keywords: Marketing Strategy, SWOT Analysis, UKM Temanggung Coffee House