Pengembangan Planteogram (Plantae on Instagram) Angiospermae sebagai Sumber Belajar
Instagram merupakan media yang digunakan untuk berbagi foto dan tanggapan dengan berbagai fitur yang tersedia. Foto termasuk sumber belajar visual yang digunakan untuk menggambarkan dan mengomunikasikan suatu ide. Planteogram (Plantae on Instagram) menggunakan Instagram sebagai sumber belajar yang berisi foto perawakan, batang, daun, bunga dan buah jika ada dengan dilengkapi nama ilmiah, nama lokal, dan ciri karakteristik tumbuhan angiospermae. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Planteogram “Angiospermae” sebagai sumber belajar yang layak secara teoretis dan empiris. Kelayakan teoretis diperoleh berdasarkan hasil validasi oleh tiga dosen Jurusan Biologi Unesa dan kelayakan empiris diperoleh berdasarkan respons enam guru SMA. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan instruksional Fenrich yang terdiri dari analisis, perencanaan, perancangan, pengembangan, implementasi, serta evaluasi dan revisi di setiap tahapnya. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi dan angket respons guru. Lembar validasi mencakup penilaian aspek kelayakan penyajian, kelayakan isi, dan kelayakan bahasa sedangkan angket respons guru terdiri dari 25 butir pernyataan terkait aspek keterbacaan, penyajian dan isi dari Planteogram “Angiospermae”. Parameter pada penelitian ini mencakup hasil validasi dan respons guru yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian berdasarkan kelayakan teoretis menunjukkan validitas Planteogram “Angiospermae” sebesar 3,67 dengan interpretasi sangat valid. Kelayakan empiris berdasarkan respons positif guru mendapatkan persentase sebesar 98% dengan interpretasi sangat layak. Dengan demikian penelitian pengembangan ini menghasilkan Planteogram “Angiospermae” dengan nama akun Planteogram_ yang layak secara teoretis dan empiris.sebagai sumber belajar keanekaragaman tumbuhan angiospermae.
Kata Kunci: Planteogram, Sumber Belajar, Angiospermae
Instagram is a media that is used to share photos and responses with various available features. Photos include a visual learning resource used to describe and communicate an idea. Planteogram (Plantae on Instagram) uses Instagram as a learning resource that contains photographs of stature, stems, leaves, flowers, and fruit if it exists by supplemented with scientific name, local name, and characteristic traits of angiosperms plants. This research aimed to develop the Planteogram "Angiosperms" as a learning resource that is theoretical and empirical feasibility. Theoretical feasibility was obtained based on validation results by three Unesa Biology department lecturers and empirical feasibility gained on the responses of six high school teachers. This research referred to the model of the instructional development of Fenrich which consists of analysis, planning, designing, development, implementation, and evaluation and revision in each of its stages. The research instrument used a validation sheet and teacher response questionnaires. The validation sheet included an assessment of aspects of presentation feasibility, content feasibility, and language feasibility while the teacher response questionnaire consists of 25 items related to the readability, presentation, and contents of the Planteogram "Angiosperms". The parameters in this study included the results of the validation and the response of the teacher analyzed in a quantitative descriptive. The results of the study based on theoretical feasibility indicated the validity of the Planteogram "Angiosperms" of 3,67 with a very valid category. Empirical feasibility based on the teacher's positive response received a percentage of 98% with a very feasible category. Thus, this development study resulted in the theoretical and empirical Planteogram "Angiospermae" with the name of the account Planteogram_ feasible as a source of learning the diversity of angiosperms plants.
Keywords: Planteogram, Learning Resources, Angiosperms