PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS NATURE OF SCIENCE (NOS) UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI IKATAN KIMIA
DEVELOPMENT OF INTERACTIVE E-LKPD BASED ON NATURE OF SCIENCE (NOS) TO TRAIN STUDENTS' CRITICAL THINKING SKILLS IN CHEMICAL BONDING MATERIALS
Kurikulum Merdeka merupakan wujud upaya pemulihan pendidikan pasca pandemi Covid-19 yang adaptif dan fokus pada pengembangan karakter Profil Pelajar Pancasila, salah satunya yakni bernalar kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan e-LKPD berbasis Nature of Science (NoS) untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada materi ikatan kimia, meliputi validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Jenis Penelitian ini adalah penelitian R&D dengan metode 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate), hanya sampai pada tahap pengembangan (develop) namun tetap diuji coba secara terbatas. Hasil validitas isi dan konstruk yang diperoleh adalah 98,70% dan 99,26%, dengan kategori sangat valid. Hasil angket respon kepraktisan mendapatkan skor 94,95% dengan kategori sangat praktis. Dari segi efektivitas, diperoleh rata-rata n-gain skor hasil belajar, komponen kemampuan berpikir kritis analisis, evaluasi, dan eksplanasi peserta didik adalah 0,62, 0,54, 0,46, dan 0,55 pada kategori sedang. Skor n-gain diperoleh ≥ 0,3, maka e-LKPD efektif digunakan untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa e-LKPD yang dikembangkan layak untuk digunakan.
Kata Kunci: E-LKPD, Nature of Science, Berpikir Kritis, Ikatan Kimia
The Merdeka Curriculum is a manifestation of efforts to recover education after the Covid-19 pandemic that is adaptive and focuses on developing the character of the Pancasila Student Profile, one of which is critical thinking. This study aims to describe the feasibility of Nature of Science (NoS)-based e-LKPD to train critical thinking skills on chemical bond materials, including validity, practicality, and effectiveness. This type of research is R&D research using the 4D method (Define, Design, Develop, and Disseminate), only up to the development stage but still being tested on a limited basis. The results of the content and construct validity obtained were 98.70% and 99.26%, with very valid categories. The results of the practicality response questionnaire scored 94.95% in the very practical category. In terms of effectiveness, the average n-gain score of learning outcomes, critical thinking skills in analysis, evaluation, and explanation of students is 0.62, 0.54, 0.46, and 0.55 in the medium category. The n-gain score is obtained ≥ 0.3, so the e-LKPD is effectively used to train students' critical thinking skills. It can be concluded that the developed e-LKPD is feasible to use.
Keywords: E-LKPD, Nature of Science, Critical Thinking, Chemical Bondin