MODULE DEVELOPMENT EXPERIMENTAL PAINTING IN NATURAL MATERIALS ON CLASS XI STUDENTS, PAINTING ARTS STATE 12 VOCATIONAL HIGH SCHOOL SURABAYA
Pembelajaran yang menerapkan kurikulum 2013 termasuk pembelajaran yang melibatkan siswa aktif dan mandiri dalam kegiatan belajar. Untuk mewujudkan hal tersebut dan memenuhi kebutuhan siswa saat belajar, maka dapat diuraikan tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul pembelajaran yang layak digunakan dan memiliki daya dukung dalam proses dan hasil pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran lukis eksperimen. Metode penelitian ini menggunakan metode Research and Development / R&D. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI jurusan seni lukis SMK Negeri 12 Surabaya yang terdiri dari uji coba kelompok kecil dengan jumlah 4 siswa dan uji coba kelompok besar dengan jumlah 18 siswa. Objek penelitian yaitu modul pembelajaran lukis eksperimen bahan alam. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. . Teknik analisis data menggunakan teknik persentase yang hasilnya akan dikategorikan menggunakan skala likert.
Hasil pengembangan modul pembelajaran yaitu modul berukuran A5, desain didominasi dengan warna hijau tosca, terdapat gambar dan ilustrasi sebagai pendukung. Hasil penelitian dapat diuraikan sebagai berikut: Uji coba kelompok kecil memperoleh skor 85 % dan uji coba kelompok besar memperoleh skor 92,96 %, keduanya termasuk dalam kategori sangat baik tanpa perlu adanya revisi. Berdasarkan perolehan skor uji coba modul pada siswa, hasil wawancara kepada guru mata pelajaran dan perolehan nilai karya siswa yang mencapai angka diatas KKM, maka dapat diketahui bahwa modul pembelajaran lukis eksperimen bahan alam memiliki daya dukung yang sangat baik terhadap proses dan hasil pembelajaran, dikatakan demikian karena modul pembelajaran memberikan manfaat yang sangat baik bagi siswa yaitu membantu dan mempermudah siswa dalam memahami dan mempelajari materi lukis eksperimen bahan alam.
Kata Kunci: Pengembangan, Modul Lukis Eksperimen, Bahan Alam
Learning that applies the 2013 curriculum includes learning that involves active and independent students in learning activities. To realize this and meet the needs of students while learning, it can be explained the purpose of this study is to develop teaching materials in the form of learning modules that are effective and feasible to be used in teaching and learning activities, especially in experimental painting subjects. This research method uses the method of Research and Development / R&D. The subjects of the study were grade XI students majoring in painting at SMK Negeri 12 Surabaya consisting of small group trials with a total of 4 students and large group trials with a total of 18 students. The object of research is the natural learning experimental painting module. The methods used in data collection are observation, interviews, documentation and questionnaires. The data analysis technique uses percentage techniques, the results of which will be categorized using a Likert scale.
The results of the development of learning modules are A5 sized modules, the design is dominated by green Tosca, there are pictures and illustrations as a support. The results of the study can be described as follows: Small group trials score 85% and large. group trials score 92.96%, both included in the excellent category without the need for revision. Based on the acquisition of module test scores on the students, the results of interviews to the teacher's subjects and the acquisition value of students who reached the number above the KKM, then it can be known that the learning module of natural materials experiments have excellent support for the process and learning outcomes, said so because the learning module provides a good benefit for students that is to help and facilitate students in understanding.
Keywords: Development, Experiment Painting Module, Natural Materials