PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING FREE THROW BOLABASKET
APPLICATION OF PEER TEACHING LEARNING METHODS TO BASKETBALL SHOOTING FREE THROW LEARNING OUTCOMES
PJOK berperan penting untuk kegiatan aktivitas gerak pada peserta didik di sekolah. Dalam proses pembelajarannya terdapat metode pembelajaran yang bisa digunakan, salah satunya metode peer teaching. Metode peer teaching mempunyai kelebihan dalam pemberian materi lebih mudah diterima karena menggunakan bahasa yang sama dengan temannya, memperkuat pertemanan, tidak ada rasa takut saat melakukan kesalahan dalam melakukan olahraga di depan temannya. Materi PJOK di SMP terdapat permainan bola besar, salah satunya adalah bolabasket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran peer teaching dapat meningkatkan hasil belajar shooting free throw bolabasket. Pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain randomized control group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes pengetahuan dan keterampilan. Sampel penelitian menggunakan cluster random sampling dengan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII E sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif dan normalitas dengan uji wilcoxon, uji mann whitney, dan uji N-Gain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan uji wilcoxon ada perbedaan antara nilai pre-test dan posttest kelompok eksperimen (0.00 < 0.05) dan kelompok kontrol (0.00 < 0.05). Pada uji mann whitney menunjukkan adanya perbedaan nilai pengetahuan dan keterampilan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol (0.00 < 0.05). Dengan itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran peer teaching dapat meningkatkan hasil belajar shooting free throw bolabasket kelas VIII di SMP Hang Tuah 1 Surabaya. Besar nilai peningkatan hasil belajar dengan kategori sedang, yaitu pengetahuan meningkat sebesar 54.51% dan keterampilan 42.40%.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Tutor Sebaya, Shooting Free Throw, Bolabasket
PJOK plays an important role in movement activities for students at school. In the learning process, there are learning methods that can be used, one of which is the peer teaching method. The peer teaching method has advantages in providing material more easily accepted because it uses the same language as his friends, strengthens friendships, there is no fear when making mistakes in doing sports in front of his friends. PJOK material in junior high school has big ball games, one of which is basketball. This study aims to find out whether the application of peer teaching learning methods can improve basketball shooting free throw learning outcomes. This study used an experimental method with a randomized control group pre-test post-test design. The instruments used in this study are knowledge and skill tests. The study sample used cluster random sampling with class VIII A as the experimental class and VIII E as the control class. Data analysis techniques used in research are descriptive analysis and normality with Wilcoxon test, Mann Whitney test, and N-Gain test.
The results showed that using the Wilcoxon test there was a difference between the pre-test and posttest scores of the experimental group (0.00 < 0.05) and the control group (0.00 < 0.05). The mann whitney test showed differences in the value of knowledge and skills in the experimental class and the control class (0.00 < 0.05. With that, it can be concluded that the use of peer teaching learning methods can improve the learning outcomes of shooting free throw basketball grade VIII at SMP Hang Tuah 1 Surabaya. The value of increasing learning outcomes in the medium category, namely knowledge increased by 54.51% and skills by 42.40%.
Keywords: Learning Method, Peer Teaching, Shooting Free Throw, Basketball