PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI DESCRIPTIVE TEXT PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS X DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DI SMKN 1 KEMLAGI
DEVELOPMENT OF INTERACTIVE MULTIMEDIA FOR DESCRIPTIVE TEXT MATERIAL IN THE ENGLISH SUBJECT FOR GRADE X VISUAL COMMUNICATION DESIGN AT SMKN 1 KEMLAGI
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh kelayakan dan keefektifan dari penggunaan multimedia interaktif materi descriptive text pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas X DKV di SMKN 1 Kemlagi. Dalam penelitian ini, model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE dengan 5 tahapan, yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan selama tahap evaluasi adalah angket dan tes. Subjek dari penelitian yang dilakukan berasal dari peserta didik kelas X DKV SMKN 1 Kemlagi yang berjumlah 34 peserta didik. Desain penelitian yang dilakukan menggunakan two group pretest-postest design, dengan membagi kelas tersebut menjadi 2 kelompok; kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, masing-masing berjumlah 17 orang. Hasil validasi yang didapatkan dari ahli materi mendapat angka 87,6%, ahli desain pembelajaran 92%, ahli media 100%, sedangkan hasil uji coba perorangan sebesar 97,6%, kelompok kecil 97%, dan kelompok besar 89,6%. Berdasarkan hasil validasi tersebut, media termasuk dalam kategori sangat baik sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia interaktif layak digunakan dalam proses pembelajaran. Setelah dilakukan uji T, hasil yang didapat menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X DKV di SMKN 1 Kemlagi sebagaimana tercantum nilai sig. (2-tailed) 0,04 ≤ 0,05. Sedangkan pada hasil perhitungan nilai rerata post-test kelompok eksperimen mendapat hasil lebih tinggi daripada nilai rerata post-test kelompok kontrol dengan perbandingan nilai 80 dan 73,5. Sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada peserta didik kelompok eksperimen dibanding kelompok kontrol. Kesimpulan yang didapat adalah multimedia interaktif materi descriptive text layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran peserta didik kelas X DKV SMKN 1 Kemlagi.
Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Bahasa Inggris, Descriptive Text, DKV, ADDIE, Hasil Belajar Peserta Didik.
This research aims to determine the feasibility and effectiveness of using interactive multimedia for descriptive text material in the English subject for Grade X DKV at SMKN 1 Kemlagi. The development model used in this study is ADDIE, which consists of five stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The data collection techniques used during the evaluation phase were questionnaires and tests. The subjects of this study were 34 students from Grade X DKV SMKN 1 Kemlagi. The research design employed was a two group pretest-posttest design, dividing the class into two groups: an experimental group and a control group, each consisting of 17 students. The validation results obtained from the content expert scored 87.6%, the instructional design expert scored 92%, and the media expert scored 100%. Individual trials yielded a score of 97.6%, small group trials scored 97%, and large group trials scored 89.6%. Based on these validation results, the media falls into the excellent category, leading to the conclusion that the development of interactive multimedia is suitable for use in the learning process. After conducting a T-test, the results indicated that the use of interactive multimedia effectively improved the learning outcomes of Grade X DKV students at SMKN 1 Kemlagi, as evidenced by a sig. (2-tailed) value of 0.04 ≤ 0.05. Furthermore, the average post-test score of the experimental group was higher than that of the control group, with scores of 80 and 73,5, respectively. This indicates that there was an improvement in the learning outcomes of the experimental group compared to the control group, which did not receive the intervention. The conclusion drawn from this study is that the interactive multimedia for descriptive text material is both feasible and effective for use in the learning process of Grade X DKV students at SMKN 1 Kemlagi.
Keywords: Development, Interactive Multimedia, English, Descriptive Text, DKV, ADDIE, Student Learning Outcomes.