Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19
Online Learning as a Study From Home (SFH) Effort During Covid 19 Pandemic
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kegiatan pembelajaran daring di rumah peserta didik sebagai upaya mendukung program pemerintah yaitu study from home selama adanya pandemi covid 19. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan, sehingga pengumpulan informasi serta data di dapatkan dengan teknik dokumentasi yaitu pencarian data mengenai hal-hal yang relevan dari berbagai sumber yang ada di perpustakaan seperti buku, majalah, berita, ataupun dokumen lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring yang dilakukan dirumah masing-masing membuat peserta didik lebih mandiri dan menciptakan motivasi untuk belajar. Selain itu pembelajaran daring menjadi salah satu keberhasilan untuk menciptakan perilaku social distancing sehingga meminimalisir munculnya keramaian yang dianggap dapat berpotensi semakin menyebarnya covid 19 di lingkungan sekolah.
This study aims to identify online learning activities at the homes of students as an effort to support government programs namely study from home during the covid 19 pandemic. This type of research is library research, so that the collection of information and data obtained with the documentation technique that is searching for data about relevant matters from various sources in the library such as books, magazines, news, or other documents. The results showed that online learning conducted at each home made students more independent and created motivation to learn. In addition, online learning has become one of the successes in creating social distancing behavior so as to minimize the emergence of crowds that are considered to have the potential to further spread covid 19 in the school environment