Prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, baik faktor internal yang berasal dari dalam diri individu atau faktor eksternal yang berasal dari luar individu atau lingkungan sekitarnya. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar yaitu keaktifan mahasiswa dan disiplin belajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel keaktifan mahasiswa dalam mengikuti organisasi mahasiswa intra kampus dan disiplin belajar baik secara parsial maupun simultan atau bersama – sama terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menggambarkan ada tidaknya pengaruh variabel kekatifan mahasiswa dalam mengikuti organisasi (X1) dan disiplin belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y). penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner yang disebar kepada 220 responden. Responden dalam penelitian ini ialah mahasiswa aktif yang mengikuti organisasi intra kampus. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan program SPSS for windows 25.0. analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, uji T dan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel keaktifan mahasiswa dalam berorganisasi terhadap variabel prestasi belajar dengan nilai signifikan sebesar 0,343 > 0,05. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara ariabel disiplin belajar dan variabel prestasi belajar dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara variabel keaktifan mahasiswa dalam mengikuti organisasi dan variabel disiplin belajar terhadap variabel prestasi belajar dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Adapun besarnya pengaruh keaktifan mahasiswa dalam mengikuti organisasi intra kampus dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar yaitu sebesar 7,1% dan sisanya 92,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci : keaktifan Mahasiswa, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar Mahasiswa
Learning achievement can be influenced by various factors, both internal factors that originate from within the individual or external factors that come from outside the individual or the surrounding environment. One factor that can affect learning achievement is student activity and learning discipline. This study was conducted to determine the effect of student activeness variables in participating in intra-campus student organizations and learning disciplines either partially or simultaneously or jointly on student achievement in the Faculty of Education Unesa. This study uses a quantitative approach to describe the presence or absence of the influence of student activity variables in following the organization (X1) and learning discipline (X2) on learning achievement (Y). This study uses primary data in the form of a questionnaire distributed to 220 respondents. Respondents in this study were active students who participated in intra-campus organizations. The data obtained is then processed using the SPSS for Windows 25.0 program. Data analysis in this study used multiple regression analysis, T test and F test.
The results showed that (1) there was no significant effect between the student activeness variables in organizing the learning achievement variable with a significant value of 0.343> 0.05. (2) there is a significant influence between the learning discipline variables and the learning achievement variable with a significant value of 0,000 <0.05. (3) there is a significant simultaneous effect between the variable students' activeness in joining organizations and the discipline of learning variables to the variable of learning achievement with a significant value of 0,000 <0.05. The magnitude of the effect of student activity in participating in intra-campus organizations and learning disciplines on learning achievement is 7.1% and the remaining 92.9% is influenced by other variables not examined in this study.
Keywords: Student activeness, Learning Discipline, Student Learning Achievement.