Kegiatan belajar adalah kegiatan yang paling utama yang dapat menentukan berhasil atau tidaknya suatu tujuan pendidikan Penggunaan media dalam proses pembelajaran sangat dibutuhkan sebagai sarana penyampaian informasi yang efektif kepada siswa dimana hal tersebut bertujuan untuk merangsang siswa untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini diantaranya adalah Mendeskripsikan dan menganalisis kelayakan media pembelajaran Teka-Teki Silang (Crossword Puzzle) pada materi APBN dan APBD, Mendeskripsikan dan menganalisis efektifitas media pembelajaran Teka-Teki Silang (Crossword Puzzle) pada materi APBN dan APBD, Mendeskripsikan dan menganalisis respon siswa terhadap media pembelajaran Teka-Teki Silang (Crossword Puzzle) pada materi APBN dan APBD. Jenis penelitian yang digunakan adalah 4D (Four D) dari Thiagarajan, dimana pada tahap pengembangan telah diujicobakan pada 20 siswa kelas XI IIS 1 SMA Negeri 18 Surabaya dengan instrument penelitian berupa angket telaah media dan materi, validasi media dan materi, serta angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan mendapat rata-rata penilaian sangat layak, berdasarkan hasil validasi ahli media dengan prosentase sebesar 85,5% dengan kriteria sangat layak, pada validasi ahli materi dan butir soal diperoleh prosentase sebesar 86% dan 86,3% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan dari hasil respon siswa mendapatkan prosentase sebesar 94,5% dengan kriteria sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ekonomi berbasis teka-teki silang (crossword puzzle) yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci: media pembelajaran, teka-teki silang, APBN dan APBD
Learning activities are the most important activities that can determine the success or failure of an educational goal The use of media in the learning process is needed as a means of delivering effective information to students where it aims to stimulate students to learn. The objectives of this study include are Describing and analyzing the feasibility of Crossword Puzzles in the APBN and APBD material, Describe and analyze the effectiveness of Crossword Puzzles in the material of the APBN and APBD, Describe and analyze student responses to Crossword Puzzles in the material of the APBN and APBD. The type of research used is 4D (Four D) from Thiagarajan, where at the development stage has been tested on 20 students of class XI IIS 1 Public High School 18 Surabaya with research instruments in the form of media and material review questionnaire, media and material validation, and questionnaire responses of students. The results showed that the instructional media developed had an average rating of very feasible based on the results of media expert validation with a percentage of 85.5% with the criteria very feasible, in the validation of material experts and items obtained a percentage of 86% and 86 , 3% with the criteria of very decent. While the results of student responses get a percentage of 94.5% with the criteria very feasible. So that it can be concluded that the crossword puzzle is very feasible to be used in learning.
Keywords: learning media, crossword puzzles, APBN and APBD