Analisis pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Dengan Kemampuan Penalaran Matematika Materi Pecahan Kelas V Sekolah DasarĀ
realistic mathematics education (RME) learning analysis with mathematical reasoning abilities regarding fractions in class V elementary school
Berkurangnya kemampuan penalaran matematis pada siswa dikarenakan
ketidakmampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika yang dikaitkan
dengan masalah dunia nyata. proses pembelajaran matematika yang dilakukan guru
pun cukup baik dalam menggunakan pendekatan RME terutama pada materi pecahan.
oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa dalam
kemampuan penalaran matematis siswa kelas V SD bila diklasifikasikan menjadi 3
kategori yaitu siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. serta respon siswa
terhadap pelaksanaan guru dalam menggunakan pendekatan RME penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. teknik pengumpulan data yang
dilakukan dalam penelitian ini yaitu tes, observasi, wawancara, angket dan
dokumentasi. analisis data yang digunakan menggunakan purposive sampling dari
hasil tes awal kemampuan penalaran matematis oleh seluruh siswa yang diambil 2
sampel pada setiap kategori.hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu
rerata kemampuan penalaran matematis siswa kelas 5 SD mencapai 57,5 dengan 58%
didominasi oleh siswa kategori sedang, 25% diperoleh siswa kategori tinggi, dan 17%
diperoleh siswa kategori rendah. pada kelompok siswa tinggi mereka berkemampuan
yang baik dalam menentukan situasi matematika, berpikir sistematis dan strategis dalam penyelesaian soal, serta menarik kesimpulan yang logis dengan benar dan tepat
dengan total skor berkisar 12-14 poin. sedangkan pada kelompok sedang mereka hanya
mampu dalam menentukan situasi matematika dan strategi dalam penyelesaian soal
meskipun solusi akhir yang didapat belum tentu benar dengan total skor berkisar 9-10
poin. untuk kelompok rendah mereka kurang mampu dalam menyederhanakan
masalah dan membuat kesimpulan.
Reduced mathematical reasoning abilities in students are due to students' inability
to solve mathematical problems that are linked to real world problems. The mathematics
learning process carried out by the teacher is quite good in using the RME approach,
especially in fraction material. Therefore, this research aims to find out how deep the
mathematical reasoning abilities of fifth grade elementary school students are when
classified into 3 categories, namely high, medium and low ability students. as well as
students' responses to the teacher's implementation of the RME approach. This research
uses descriptive qualitative research methods. Data collection techniques used in this
research are tests, observation, interviews, questionnaires and documentation. The data
analysis used was purposive sampling from the results of the initial test of mathematical
reasoning ability by all students, 2 samples were taken in each category. The research
results obtained in this study were that the average mathematical reasoning ability of 5th
grade elementary school students reached 57.5 with 58% dominated by medium category
students, 25% were obtained by high category students, and 17% were obtained by low
category students. in the high student group they have good abilities in determining
mathematical situations, think systematically and strategically in solving problems, and
draw logical conclusions correctly and precisely with a total score of around 12-14 points.
while in the medium group they were only able to determine mathematical situations and strategies in solving problems even though the final solution obtained was not necessarily
correct with a total score of around 9-10 points. for the low group they are less able to
simplify problems and make conclusions.