PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO DOKUMENTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (STUDI PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN KEHIDUPAN MASYARAKAT PADA MASA KERAJAAN HINDU-BUDHA DI MTsN 1 KOTA SURABAYA)
DEVELOPMENT OF DOCUMENTARY VIDEO MEDIA TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOMES (STUDY ON SOCIAL STUDIES LEARNING MATERIAL DEVELOPMENT OF COMMUNITY LIFE DURING THE HINDU-BUDDHIST KINGDOM IN MTsN 1 SURABAYA CITY)
Pada masa kini, dalam proses pembelajaran perlu adanya alat bantu atau perangkat pembelajaran yang lebih kreatif dan juga inovatif. Guru sebagai fasilitator di dalam kelas diharapkan menciptakan sebuah pembelajaran yang menyenangkan dimana siswa dalam mengikuti proses pembelajaran akan merasa tertarik dan fokus. Dengan begitu dengan ketertarikan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, maka hasil belajar akan meningkat. Sehingga penggunaan media yang lebih kreatif dan inovatif ini sangat dibutuhkan. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPS yaitu video dokumenter. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang praktis dan layak yang mana nantinya dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Media pembelajaran tersebut berupa video dokumenter dengan materi perkembangan kehidupan masyarakat pada masa kerajaan hindu-budha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di MTsN 1 Kota Surabaya dengan subjek siswa kelas VIII B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media video dokumenter memperoleh skor sangat layak dari para ahli validator yaitu ahli media dan materi serta juga dari praktisi pendidik; 2) Media video dokumenter dinyatakan cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dimana menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikasi sebelum dan sesudah pada proses pembelajaran.
Nowadays, in the learning process, there needs to be more creative and innovative learning aids or devices. Teachers as facilitators in the classroom are expected to create a fun learning where students will feel interested and focused in following the learning process. That way, with students' interest in following the learning process, learning outcomes will increase. So the use of more creative and innovative media is very much needed. One of the media that can be used in social studies learning is documentary video. The purpose of this study is to develop a practical and feasible learning media which can later improve student learning outcomes in social studies learning. The learning media is in the form of documentary videos with material on the development of community life during the Hindu-Buddhist kingdom. The method used in this study is Research and Development (R&D) with a One Group Pretest-Posttest research design using a quantitative approach. The development model used is ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). This research was conducted at MTsN 1 Surabaya City with class VIII B students as subjects. The results of the study showed that: 1) Documentary video media obtained a very feasible score from validator experts, namely media and material experts and also from educational practitioners; 2) Documentary video media is stated to be quite effective in improving student learning outcomes, which shows that there is a significant difference before and after the learning process.