Abstrak — Penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran Learning Cycle 5E yang layak, guna meningkatkan
keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini
adalah penelitian pengembangan, karena penelitian
ini mengembangkan perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, LKS, dan
Instrumen penilaian pengetahuan. Pengembangan perangkat pembelajaran
menggunakan model four D. Kelayakan
perangkat pembelajaran meliputi validasi, kepraktisan, dan keefektifannya.
Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan angket. Teknik analisis
data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan data penelitian diperoleh beberapa temuan sebagai berikut: (1)
validitas perangkat pembelajaran berkategori valid; (2) kepraktisan perangkat
pembelajaran ditunjukkan oleh keterlaksanaan RPP berkategori baik, aktivitas
siswa yang dominan berpusat pada siswa, dan hambatan dalam pembelajaran dapat
diatasi; dan (3) keefektifan perangkat pembelajaran ditunjukkan oleh respon
siswa terhadap pelaksanaan proses pembelajaran sangat positif, keterampilan
berpikir kritis yang dikembangkan mengalami peningkatan berkategori tinggi, dan
hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada aspek pengetahuan, aspek sikap
siswa rata-rata adalah B+ dan aspek keterampilan rata-rata siswa adalah A-.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa perangkat
pembelajaran berbasis Learning Cycle 5E
yang telah dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan
berpikir kritis dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Perangkat pembelajaran, model pembelajaran,
keterampilan berpikir kritis, hasil belajar, laju reaksi.
Abstract — The aim of research is to obtain the
teaching materials based on Learning Cycle
5E Model that are feasible to increase the student’s critical thinking
skill and learning outcome. The type of research is a developmental research
because this research was to develop the
teaching material consisting of lesson
plan , student’s worksheet , and knowledge assessment instrument . The
development of teaching materials was using four
D model. The feasibility of teaching materials includes the validity,
practicality, and the effectiveness. The data collecting used observation,
test, and questionnaire method. The data analysis technique that is utilized is
descriptive qualitative analysis and descriptive quantitative analysis.
According to the observational data showed some finding as follows: (1) the
validity of teaching materials were valid category; (2) the practicality of
teaching material was shown by implementation of the lesson plan categorized as
good, student’s based activity was dominant, and the obstacle in learning
process could be solved; and (3) the effectiveness of the teaching materials
shown by positive student’s response to implementation of learning process,
developed critical thinking skill increased as high category, and the student’s
learning outcomes on Gnostic aspect increased, the average student’s attitude
aspect is B+ and the average of the student’s skill aspect was A-. Based on
these result, it can be concluded that developed teaching materials using learning cycle 5E model are feasible to
be used to increase critical thinking skills and students learning outcomes.
Keywords: : Teaching material , learning model, critical thinking skill, reaction rate.