Penelitian
ini bertujuan untuk memperoleh validitas, kepraktisan, dan keefektifan Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD) elektronik berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan metakognitif
peserta didik pada materi asam basa. Komponen keterampilan metakognitif yang
digunakan adalah keterampilan perencanaan, pemantauan, dan evaluasi. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model 4D yang terdiri
atas empat tahap utama yaitu Pendefinisian (Define),
Perancangan (Design), Pengembangan
(Develop), dan Penyebaran (Disseminate) , namun dibatasi hingga tahap ketiga yaitu Pengembangan (Develop ).
Sasaran penelitian ini yaitu 30 peserta didik kelas XI IPA 1 MAN 2 Gresik. Instrumen yang digunakan adalah
lembar validasi, lembar angket respon peserta didik, lembar wawancara guru,
lembar soal pretest dan posttest, dan lembar angket MAI (Metacognitive Awareness Inventory) .
Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD
elektronik 1, 2, dan 3 pada kriteria isi mendapatkan modus 3 dan 4 berturut-turut
sebesar 16,67% dan 83,33%. Pada kriteria konstruk LKPD 1 dan 2 mendapatkan
modus 4 sebesar 100%, sedangkan LKPD elektronik 3 mendapatkan modus 3 dan 4
berturut-turut sebesar 28,57% dan 71,43%. Ketiga LKPD elektronik mendapatkan
modus ≥ 3 dan dinyatakan valid. Hasil kepraktisan LKPD elektronik yang
didasarkan pada hasil angket respon peserta didik mendapatkan skor angket
sebesar 98,00% dengan kriteria sangat praktis. Hasil keefektifan LKPD
elektronik yang didasarkan pada nilai pretest
dan posttest keterampilan
metakognitif peserta didik memperoleh n-gain
sebesar 0,75 yang termasuk dalam kategori tinggi. Selain itu, nilai sig. yang
didapat dari uji paired sample t-test
sebesar 0,000 yang menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan metakognitif
peserta didik dan LKPD elektronik efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci:
LKPD Elektronik, Problem Based Learning, Keterampilan
Metakognitif, Asam Basa