PENGARUH PEMANFAATAN BUDAYA LOKAL TARI THENGUL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN
KETERAMPILAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
THE UTILIZATION OF THE LOCAL CULTURE OF THENGUL DANCE ON LEARNING OUTCOMES AND SOCIAL SKILLS IN IPS LEARNING FOR CLASS IV ELEMENTARY SCHOOL STUDENT
Hasil Belajar Dan Keterampilan Sosial Dalam Pembelajaran IPS Bagi Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Pembimbing (I) Prof. Dr. Mustaji, M.Pd., (2) Dr. Rr. Nanik Setyowati, M.Si
Kata-kata Kunci : Budaya Lokal, Tari Thengul, Hasil Belajar, Keterampilan Sosial
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan budaya local tari thengul terhadap hasil belajar dan keterampilan sosial dalam pembelajaran IPS bagi siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Wotanngare I dan SDN Wotanngare II pada tahun pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah dengan nonequivalent (pretest and psotest ) control group design. Penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas 4 SDN Wotanngare I sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas 4 SDN Wotanngare II sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian adalah budaya lokal, tari thengul, hasil belajar siswa dan keterampilan sosial siswa. Teknik analisis yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, pengamatan dan uji mann-whitney.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai normalized gain hasil belajar pada kelas eksperimen adalah 0,56 dan pada kelas kontrol 0,10. Hasil uji mann-whitney soal pretest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,067 lebih besar dari 0,05. Hasil pengamatan keterampilan sosial pada kelas eksperimen adalah 80% pada kategori tuntas. Hasil uji mann-whithney soal postes pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,000.
Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa pemanfaatan budaya lokal tari thengul berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dan keterampilan sosial siswa kelas IV sekolah dasar.
Rohmah S. N. 2022. The Effect of Using Local Culture Thengul Dance to Improve Learning Outcomes and Social Skills in Social Studies Learning for Grade IV Elementary Schools. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
.Advisor : (I) Prof. Dr. Mustaji, M.Pd (2) Dr. Rr. Nanik Setyowati, M.Si.
Key words : Local Culture, Thengul Dance, Learning Outcomes, Social Skills
This study aim to determine the effect of using local culture of thengul dance to improve learning outcomes and social skills in social studies learning of fourth grade elementary school students. This research was conducted at SDN Wotanngare I and SDN Wotanngare II in the academic years 2021/2022.
This research uses a quantitative approach. This type of research is nonquivalent (pretest and postest) control group design. This study uses 2 class, namely class 4 students at SDN Wotanngare I as the exsperimental class and class 4 students at SDN Wotanngare II as the control class. The research variables were local culture, thengul dance, student learning outcomes and student social skills. The analytical techniques used include normality test, homogeneity test, observation, and Mann-Whithney test.
The results showed that the normalized gain value of learning outcomes in the experimental calss was 0,56 and 0,10 in the control class. The results of the Mann-Withney test in the prestest of experimental class and control class were 0,067 which was greater than 0,05. The results of the observation of social skills in the experimental class are 80 % in the complete category. The results of the Mann-Whitney test of the postest in the experimental class and the control class is 0,000.
Based on the results of data anlysis, it is concluded that the use of local culture of thengul dance has a significant effect on learning outcomes and social skills of fourth grade elementary school studen