DEVELOPMENT OF WEB-BASED LEARNING MEDIA USING PjBL TO MEASURE PROGRAMMING COMPETENCE IN OBJECT-ORIENTED PROGRAMMING SUBJECTS (Case Study: SMKN 2 Surabaya)
Kemampuan kompetensi sangat dibutuhkan untuk era saat ini. Siswa dituntut untuk memiliki kompetensi setidaknya dalam hal pemrogaman. Karna tuntutan ini guru terkadang hanya melihat dari hasil yang dikerjakan siswa, sehingga guru perlu menilai bagaimana proses dari pengerjaan proyek yang dikerjakan oleh siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses merancang bangun aplikasi sebagai alat pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemrograman siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Selain itu, untuk mengetahui seberapa efektif aplikasi media pembelajaran ini dalam meningkatkan hasil belajar. Studi ini menggunakan metode kuantitatif dengan model penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Aplikasi yang dibuat menggunakan model pengembangan ADDIE. Studi ini melibatkan 36 siswa kelas XI pada jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Studi ini menggunakan desain pre-test post-test pada satu kelompok. Penelitian ini menggunakan Uji Paired Sample T-Test untuk menganalisis data. Dengan nilai signifikansi statistik 0.001 (p < 0.05), perbedaan antara pre-test dan post-test adalah signifikan secara statistik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi media pembelajaran ini secara positif meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa setelah perlakuan lebih baik dibandingkan dengan hasil
belajar sebelum perlakuan.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Hasil Belajar, Rancang Bangun, Pemogramman Berorientasi Objek
Competency skills are essential in the current era. Students are required to have competencies, especially in programming. Due to this demand, teachers sometimes focus only on the results produced by students, making it necessary for teachers to assess the process of project execution undertaken by the students. The aim of this research is to understand how to design and develop an application as a learning tool to enhance students' programming skills using a project-based learning model. Additionally, it aims to determine the effectiveness of this learning media application in improving learning outcomes. This study uses a quantitative method with a Research and Development (R&D) model. The application was developed using the ADDIE development model. The study involved 36 eleventh-grade students majoring in Software Engineering. This study employed a pre-test post-test design within a single group. The data were analyzed using the Paired Sample T-Test. With a statistical significance value of 0.001 (p < 0.05), the difference between pre-test and post-test results is statistically significant. Therefore, it can be concluded that the use of this learning media application positively enhances students' learning outcomes. Students' learning outcomes after the intervention were significantly better compared to their learning outcomes before the intervention.
Keywords: Learning Media, Learning Outcomes, Design and Development, Object-Oriented Programming