Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemahaman konsep dan tingkat miskonsepsi siswa pada pembelajaran mengenai atom, molekul, unsur, senyawa dan campuran. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 siswa kelas VII di SMP N 17 Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemberian test diagnostik berdasarkan metode CRI (Certainty of Response Index). Hasil test diagnostik menunjukkan terjadi miskonsepsi pada mengidentifikasi rumus molekul suatu senyawa (11,5%), menjelaskan pengertian unsur (50%), mengidentifikasi contoh unsur dalam kehidupan sehari-hari (25,7%), menjelaskan pengertian senyawa (14,2%), mengidentifikasi sifat senyawa (48,6%), mengidentifikasi contoh senyawa dalam kehidupan sehari-hari (5,7%), mengidentifikasi sifat campuran (2,9%), mengidentifikasi perbedaan campuran homogen (2,9%) dan heterogen, mengidentifikasi contoh campuran homegen dan heterogen (20%). Adapun bentuk miskonsepsi yang ditemukan dalam penelitian ini adalah miskonsepsi teoritik dan klasifikasional. Kata Kunci : Miskonsepsi, mskonsepsi teoritik, miskonsepsi klasifikasional
This research aims to identify understanding of concepts and the level of student misconception in learning about atoms, molecules, elements, compounds and mixtures. The sample in this study were 35 grade VII students at SMP N 17 Surabaya. The method used in this study is the provision of diagnostic tests based on the CRI (Certainty of Response Index) method. The diagnostic test results showed a misconception about identifying the molecular formula of a compound (11.5%), explaining the meaning of elements (50%), identifying examples of elements in daily life (25.7%), explaining the meaning of compounds (14.2% ), identifying compound properties (48.6%), identifying compound samples in daily life (5.7%), identifying mixed properties (2.9%), identifying differences in homogeneous mixtures (2.9%) and heterogeneous, identify examples of homegene and heterogeneous mixtures (20%). The forms of misconceptions found in this study are theoretical and classification misconceptions. Keyword : Misconceptions, misconceptions theoretical and classification misconceptions