ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara empati dengan perilaku prososial pada siswa SMK Swasta X Surabaya dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif yang dimbil menggunakan teknik sampek jenuh. Subjek penelitian ini berjumlah 90 siswa kelas XI jurusan administrasi, multimedia, dan akuntansi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala empati dan skala perilaku prososial. Teknik analisa yang digunakan adalah teknik korelasi produk momen. Berdasarkan hasil analisa diketahui nilai F sebesar 0,497 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 sehingga hipotesis yang menyatakan ada hubungan antara empati dengan perilaku prososial pada siswa SMK Swasta X di Surabaya diterima.
Kata Kunci Empati, perilaku prososial, siswa
ABSTRACT
This research’s aim is to determine the he relationship between empathy and prosocial behavior in private vocational students SMK X Surabaya with research method using quantitative research method with saturated sample. There are 90 students as research subjects class XI majoring in administration, multimedia, and accounting. The instruments that used to test in this study are measure empathy scale and prosocial behavior scale. Product moment correlation analysis used as research techniques. This analysis result’s known that a F value of 0,497 and significance value of 0,000, so the hypothesis which states there is a relationship between empathy with prosocial behavior on students of SMK Private X in Surabaya accepted.
Keywords Empathy, prosocial behaviour, student