Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai Manajemen program penilaian hasil belajar berbasis e-rapor di SMA Negeri 3 Sidoarjo. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model deskriptif kualitatif. Pengecekan keabsahan dilakukan dengan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan kegiatan program e-rapor adalah sebagai berikut program e-rapor merupakan sebuah inovasi dukungan pelayanan dari Direktorat Pembinaan SMA dalam menyambut penerapan dari Kurikulum 2013 (K13). Masalah yang ada dalam pelaksanaan program e-rapor di SMA Negeri 3 Sidoarjo adalah adanya beberapa guru yang kurang paham mengenai teknologi informasi, lambatnya koneksi server e-rapor, hingga pemahaman dari wali murid yang sama sekali kurang terhadap e-rapor. (2) Pelaksanaan kegiatan dalam program e-rapor terutama dalam penginputan nilai dilakukan oleh semua guru dan tim TIK sebagai admin e-rapor ketika bapak dan ibu guru mengalami kesulitan dalam entri data nilai, dan dilaksanakan sesuai dengan panduan dari Direktorat Pembinaan SMA untuk menjaga akuntabilitas penilaian dan mempermudah tugas guru atau sekolah dalam menyiapkan LHB (Laporan Hasil Belajar), (3) Evaluasi program e-rapor dilakukan oleh Kepala Sekolah dan tim TIK dengan mendayagunakan wali kelas untuk evaluator nilai yang sudah dimasukkan ke dalam e-rapor. Kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh SMA Negeri 3 Sidoarjo diharapkan mampu mewujudkan sekolah yang berwawasan teknologi dan mampu menjadi contoh sekolah lain khusunya wilayah kabupaten Sidoarjo.
Kata kunci: Manajemen, Penilaian, Program e-rapor
Abstract: This study aims to describe and analyze the Management of e-report-based learning outcomes assessment program at SMA Negeri 3 Sidoarjo. Retrieval of data using interview, observation, and documentation techniques. Data analysis used a qualitative descriptive model. Validity checking is done by testing credibility, transferability, dependability, and confirmation. The results of this study indicate that: (1) the planning of e-report card program activities is as follows the e-report card program is an innovative service support from the Directorate of High School Development in welcoming the application of the 2013 Curriculum (K13). The Directorate of High School Development in welcoming the application of the 2013 Curriculum (K13). The problems that exist in implementing e-report cards at SMA Negeri 3 Sidoarjo are the presence of several teachers who do not understand about information technology, the slow connection of e-report cards, to the understanding of the guardians of students who are totally lacking in e-report cards. (2) The implementation of activities in e-report programs, especially in inputting scores, is carried out by all teachers and ICT teams as admin e-report cards when teachers and teachers experience difficulties in data entry values, and are carried out in accordance with guidance from the Directorate of High School Management to maintain accountability assessment and facilitate the task of the teacher or school in preparing the LHB (Report on Learning Outcomes), (3) Evaluation of the e-report card program is carried out by the Principal and the ICT team by utilizing the homeroom teacher for the value evaluator that has been included in the e-report card. Activities that have been carried out by SMA Negeri 3 Sidoarjo are expected to be able to realize a school that has technological insight and be an example of other schools, especially the Sidoarjo regency.
Keywords : Management, Assesment, E-report card program