MOBILE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERBENDAHARAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK TUNARUNGU
MOBILE LEARNING TO IMPROVE DEAF CHILDRENS ENGLISH VOCABULARY
Kosakata bermanfaat bagi anak berkebutuhan khusus yaitu bagian yang sangat penting dari belajar sebuah bahasa. Semakin banyak kata yang diketahui, semakin besar kemampuan dalam memahami apa yang didengar, dibaca dan semakin tinggi pula kemampuan untuk dapat mengatakan apa yang ingin dikatakan atau ditulis. Anak tunarungu mengalami kesulitan dalam keterampilan berbahasa. Mengatasi hambatan tersebut, terlebih dahulu diberikan keterampilan berbahasa yaitu kosakata, khususnya kosakata bahasa indonesia kemudian anak diberikan keterampilan kosakata bahasa inggris. Di dalam mengajarkan kosakata bahasa inggris diperlukan media visualisasi yang disesuaikan dengan kondisi anak. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis berbagai study literature ilmiah yang berkaitan dengan penggunaan mobile learning untuk meningkatkan perbendaharaan kosakata bahasa inggris anak tunarungu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literatur review dengan pencarian literature di Google Scholar, ScienceDirect, Mendeley, dan Scopus Preview dengan kriteria artikel atau literature yang terkait dengan topik pembahasan yang menghasilkan lima belas artikel. Hasil dari menganalisis artikel ini menunjukkan bahwa penggunaan mobile learning dapat digunakan untuk meningkatkan perbendaharaan kosakata bahasa inggris anak tunarungu, menambah motivasi belajar, meningkatkan pemrosesan visual anak tunarungu. Implikasi penelitian literature review yaitu penggunaan mobile dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perbendaharaan kosakata bahasa inggris anak tunarungu, serta dapat membuka peluang untuk integrasi social yang lebih baik dan meningkatkan keterampilan kosakata anak tunarungu sehingga anak mudah menangkap kosakata bahasa inggris, menumbuhkan minat belajar, tidak cepat bosan pada saat pembelajaran berlangsung dan anak bisa belajar mandiri jika sudah faham dengan mobile learning.
Kata Kunci: mobile learning, kosa kata, tunarungu
Vocabulary is useful for children with special needs, which is a very important part of learning a language. The more words you know, the greater your ability to understand what you hear, read and the greater your ability to say what you want to say or write. Deaf children experience difficulties in language skills. Overcoming these obstacles, first language skills are given, namely vocabulary, especially Indonesian vocabulary, then children are given English vocabulary skills. When teaching English vocabulary, visualization media is needed that is adapted to the child's condition. The aim of this research is to analyze various scientific literature studies related to the use of mobile learning to increase the English vocabulary of deaf children. The method used in this research is a literature review by searching literature on Google Scholar, ScienceDirect, Mendeley, and Scopus Preview with the criteria of articles or literature related to the topic of discussion which resulted in fifteen articles. The results of analyzing this article show that the use of mobile learning can be used to increase the English vocabulary of deaf children, increase learning motivation, and improve the visual processing of deaf children. The implication of the literature review research is that the use of mobile can make a significant contribution to the English vocabulary of deaf children, and can open up opportunities for better social integration and improve the vocabulary skills of deaf children so that children can easily grasp English vocabulary, foster interest in learning, not quickly. get bored while learning is taking place and children can learn independently if they understand mobile learning.
Keywords: mobile learning, vocabulary, deaf