PENGEMBANGAN TRAINER INSTALASI PENERANGAN LISTRIK 3 FASA BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT) UNTUK SISWA SMK KELAS XI TITL DI SMK NEGERI 3 SURABAYA
DEVELOPMENT OF 3 PHASE ELECTRIC LIGHTING INSTALLATION TRAINER BASED ON INTERNET OF THINGS (IOT) FOR VOCATIONAL STUDENTS OF CLASS XI TITLAT SMK NEGERI 3 SURABAYA
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran trainer dan jobsheet yang layak digunakan, pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMKN 3 Surabaya. Penelitian ini dilakukan berdasarkan metode Research and Development (R&D), menggunakan penelitian One Group Pretest – Posttest Design. Untuk memilih subjek penelitian ini menggunakan simple random sampling, terpilihlah subjek untuk penelitian ini yaitu 14 siswa kelas XI TITL 2 dari SMKN 3 Surabaya. Perolehan hasil validasi trainer yaitu rata-rata 84,48%, hasil validasi jobsheet rata-rata 84,52%, hasil validasi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) rata-rata 85,42%, hasil dari kepraktisan diperoleh dengan analisis hasil respon guru mendapat rata-rata 88,30%, dan analisis hasil respon siswa rata-rata 86,92%. Hasil data Pretest menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar 52,85, sedangkan data posttest mendapatkan rata-rata 77,85. Data yang didapat dari analisis menggunakan paired sample t-test antara lain nilai thitung sebesar 15,083, nilai degree of freedom (df) sebesar 13, dan nilai taraf signifikansi adalah 0,000. Diketahui nilai ttabel sebesar 2,160 dengan nilai taraf signifikan 0,05. Dari data hasil perhitungan uji paired sample t-test di dapatkan nilai (2-tailed) 0,000. Hasil tersebut menandakan bahwa nilai dari 2-tiled 0,000 lebih kecil dari < 0,05. Hal ini menyebabkan H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran trainer terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik (IPL) di kelas XI TITL 2 di SMKN 3 Surabaya.
This study aims to develop a trainer and jobsheet learning media that is feasible to use, on the subject of electric lighting installation to improve student learning outcomes at SMKN 3 Surabaya. This research was conducted based on Research and Development (R&D) method, using one group Pretest – Posttest Design Research. To select the subject of this study using simple random sampling, selected subjects for this study are 14 students of Class XI TITL 2 of SMKN 3 Surabaya. The result of trainer validation is average 84,48%, the result of jobsheet validation is average 84,52%, the result of learning implementation plan (RPP) is average 85,42%, the result of practicality is obtained by analysis of teacher response result is average 88,30%, and analysis of student response result is average 86,92%. The results of Pretest data showed an average value of learning outcomes 52.85, while the posttest data get an average of 77.85. The Data obtained from the analysis using paired sample t-test, among others, the value of thitung of 15.083, the value of degree of freedom (df) of 13, and the value of significant level is 0.000. Known value of ttabel of 2.160 with a significant level value of 0.05. From the data of the calculation of the test paired sample t-test get the value (2-tailed) 0.000. The result indicates that the value of 2-tiled 0.000 is smaller than < 0.05. This causes H0 to be rejected and H1 to be accepted. Therefore, it can be concluded that there is an influence of trainer Learning media on student learning outcomes in the subject of electrical lighting installation (IPL) in Class XI TITL 2 in SMKN 3 Surabaya.