PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL TOPIK GAYA BELAJAR UNTUK LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DI SMAN 1 BALONGPANGGANG
DEVELOPMENT OF AUDIO VISUAL MEDIA LEARNING STYLE TOPICS FOR CLASSICAL GUIDANCE SERVICES AT SMAN 1 BALONGPANGGANG
Siswa memerlukan pemahaman mengenai gaya belajar demi tercapainya hasil belajar yang optimal dan terarah, sehingga siswa dapat memaksimalkan kemampuan yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media audio-visual topik gaya belajar yang memenui kriteria akseptabilitas. Pengembangan video topik gaya belajar merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan Research & Development yang dikembangkan oleh Brog & Gall. Prosedur pengembangan yang diterapkan peneliti adalah 1) penelitian pendahuluan, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk, 4) uji akseptabilitas, 5) uji lapangan, 6) revisi produk. Jenis data yang digunakan merupakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil uji akseptabilitas untuk calon pengguna siswa menunjukkan 90,77% dimana persentase ini telah menunjukkan kategori sangat baik, tidak perlu revisi. Untuk hasil ahli materi, media, dan calong pengguna guru BK menunjukkan hasil 1 yang menurut Lawshe termasuk kategori sangat sesuai. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media audio-visual topik gaya belajar telah memenuhi syarat akseptabilitas yang mencankup kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan.
Kata kunci : pengembangan, media audio-visual, gaya belajar
Students need an understanding of learning styles in order to achieve optimal and targeted learning outcomes, so that students can maximize their abilities. The purpose of this research is to develop audio-visual media for learning style topics that meet the acceptability criteria. The development of the learning style video topic is a development research using Research & Development developed by Brog & Gall. The development procedure applied by the researcher is 1) preliminary research, 2) planning, 3) product development, 4) acceptability test, 5) field test, 6) product revision. The type of data used is quantitative and qualitative data. The results of the acceptability test for prospective student users showed 90.77% where this percentage has shown a very good category, no need for revision. For the results of material experts, media, and guidance and counseling teacher candidates showed result 1 which according to Lawshe was in the very appropriate category. So it can be concluded that the audio-visual media learning style topic has met the acceptability requirements which include usability, feasibility, accuracy, and appropriateness.
Keywords: development, audio-visual media, learning styles