Dalam pembelajaran fisika menghadirkan fakta baik berupa benda atau suatu peristiwa sangat penting untuk memotivasi siswa berfikir analitis. Dengan menyaksikan secara langsung peristiwa yang terjadi banyak indra dari siswa yang bekerja, hal ini memudahkan siswa untuk berfikir analitis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media imitasi tumbukan yang layak untuk meningkatkan ketrampilan berfikir analitis pada materi tumbukan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian R & D pada fase ujicoba menggunakan motode pre experimental dengan one group pretest-posttest design dan diterapkan pada siswa SMAN 1 Kebomas Gresik kelas X semester II. Metode pengambilan data menggunakan validasi, tes keterampilan berfikir analitis, pengamatan dan angket. Teknis analisis data menggunakan anlisis diskriptif kuantitatif. Temuan hasil penelitian adalah media imitasi tumbukan berbasis mikrokontroller yang berkatagori sangat valid, dan kalibrasi media tumbukan dengan photogate 99,93% serta perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi perangkat pembelajaran yang meliputi Silabus, RPP, LKS, Hand Out, dan penilaian. Kepraktisan media ini terlihat dari keterlaaksanaa RPP selama tiga pertemuan tanpa hambatan yang berarti. Penilaian ketrampilan berfikir analitis dengan N-Gain 0,88 dengan katagori tinggi dan respon siswa dalam pembelajaran sangat baik. Berdasarkan hasil temuan penelitian, disimpulkan bahwa media imitasi tumbukan beserta perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif sehingga layak digunakan dan meningkatkan ketrampilan berfikir analitis pada konsep tumbukan.
In learning, physics presents facts in the form of objects or events That very important to motivate students to think analytically. By witnessing firsthand the events that occur many of the senses of students who work, this makes it easy for students to think analytically. The purpose of this study is to produce a suitable imitation media to improve analytical thinking skills on the collision material. This research is a type of R & D research in the pilot phase using a pre-experimental method with one group pretest-posttest design and is applied to students of SMAN 1 Kebomas Gresik class X semester II. Methods of data collection using validation, analytical thinking skills tests, observations, and questionnaires. The Technical analysis of data uses quantitative descriptive analysis. The findings of the study are the developed learning tools including syllabus learning tools, lesson plans, worksheets, hand-outs, assessment and imitation media collision-based microcontrollers which are categorized as very valid, and collision media calibration with photogate 99.93%. The practicality of this media can be seen from the implementation of the RPP during three meetings without significant obstacles. Analytical thinking skills assessment with N-Gain 0.88 with high categories and student responses in learning is very good. Based on the findings of the study, it was concluded that the imitation media collision along with the learning tools developed had fulfilled the valid, practical and effective criteria so that it was appropriate to be used and improved analytical thinking skills on the collision concept.