PENGENALAN MOTIF BATIK GRESIK
MELALUI POP UP INFOGRAFIS
OLEH SISWA KELAS VIII
SMP SUNAN AMPEL MENGANTI
INTRODUCTION TO GRESIK BATIK MOTIFS
THROUGH POP UP INFOGRAPHICS
BY CLASS VIII STUDENTS OF
Pembelajaran seni rupa di kelas VIII SMP Sunan Ampel Menganti mempelajari tentang seni rupa dua dimensi dengan menghasilkan karya yang sebagian besar dibuat pada kertas gambar. Pemanfaatan media berkarya yang terkesan sederhana ini menjadikan tingkat kreativitas siswa masih belum terasah dengan baik. Siswa perlu diajak untuk meningkatkan kemampuan di bidang seni salah satunya dengan berkarya membuat pop up infografis dengan konsep tema salah satu jenis seni rupa dua dimensi berupa batik sebagai warisan budaya Indonesia. Pop up infografis yang dihasilkan dapat memudahkan dalam penyampaian informasi terkait dengan pengetahuan motif batik Gresik melalui media yang lebih menarik dan dengan perwujudan obyek yang terkesan muncul.
Tujuan kegiatan penelitian yang dilakukan yakni (1) mendeskripsikan proses pengumpulan data pengenalan motif batik Gresik melalui pop up infografis oleh siswa kelas VIII C; (2) Mendeskripsikan proses pembelajaran berkarya pop up infografis motif batik Gresik oleh siswa kelas VIII C; (3) Mendeskripsikan hasil karya pengenalan motif batik Gresik melalui pop up infografis oleh siswa kelas VIII C; (4) Mendeskripsikan tanggapan siswa dan guru terhadap pengenalan motif batik Gresik melalui pop up infografis oleh siswa kelas VIII C.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi, hasil karya, dan angket. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan validitas data menggunakan metode triangulasi data untuk membandingkan dan mencocokkan data-data yang dihasilkan dari observasi, wawancara, dokumentasi, hasil karya, dan angket.
Pelaksanaan kegiatan penelitian dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan. Pertemuan pertama menjelaskan materi mengenai karya pop up infografis dan motif batik Gresik kepada siswa, melaksanakan pembagian kelompok dan pembagian tema motif batik Gresik di setiap kelompoknya. Pertemuan kedua yakni memulai untuk praktik berkarya membuat alas pop up. Pertemuan ketiga siswa melaksanakan kegiatan praktik berkarya dengan melanjutkan proses penempelan obyek pada styrofoam sehingga menimbulkan kesan muncul pada karya. Pertemuan keempat melaksanakan proses finishing karya, melakukan pengisian angket oleh siswa dan melakukan wawancara dengan guru seni budaya beserta 4 siswa kelas VIII C sebagai sample.
Hasil karya diperoleh 5 pop up infografis motif batik Gresik dari masing-masing kelompok. Terdapat 3 karya yang berkategori sangat baik dan 2 karya yang berkategori baik. Maka dari itu, dapat diperoleh persentase kelompok siswa yang menghasilkan karya dengan kategori sangat baik adalah 60% dari jumlah keseluruhan. Sedangkan kelompok siswa yang menghasilkan karya dengan kategori baik adalah 40% dari jumlah keseluruhan. Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa dapat mengasah kemampuan kreatif di bidang seni yang dapat dilihat dari karya-karya yang tergolong bagus dan memuaskan. Kegiatan penelitian ini juga mendapat tanggapan yang sangat baik dari guru seni budaya dan seluruh siswa kelas VIII C yang sepenuhnya mendukung dan antusias selama kegiatan penelitian dari awal sampai akhir pelaksanaan.
Kata Kunci: Pop up Infografis, Batik Gresik, SMP Sunan Ampel
Visual art learning in class VIII at SMP Sunan Ampel Menganti learns about two dimensional visual art by producing works that are mostly made on drawing paper. The use of creative media that seems simple means that students' creativity level is still not well honed. Students need to be encouraged to improve their skills in the field of art, one of which is by creating pop up infographics with the theme concept of one type of two-dimensional visual art in the form of batik as Indonesia's cultural heritage. The resulting pop up infographic can make it easier to convey information related to knowledge of Gresik batik motifs through more interesting media and with the manifestation of objects that appear to appear.
The objectives of the research activities carried out were (1) To describe the process of collecting data on the introduction of Gresik batik motifs through pop up infographics by class VIII C; (2) Describe the process of learning to work pop up infographics on Gresik batik motifs by class VIII C; (3) Describe the results of the work on introducing Gresik batik motifs through pop up infographics by class VIII C; (4) Describe the results of student and teacher responses to the introduction of Gresik batik motifs through pop up infographics by class VIII C.
This study used descriptive qualitative method. Data collection through interviews, documentation, work results, and questionnaires techniques. Data analysis techniques include data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Meanwhile, data validity uses the data triangulation method to compare and match data resulting from observations, interviews, documentation, work results and questionnaires.
The implementations of research activities was carried out in 4 meetings. The first meeting explained material regarding pop-up infographics and Gresik batik motifs to students, carried out group divisions and distributed Gresik batik motif themes in each group. The second meeting was to start practicing work on making pop up mats. In the third meeting, students carry out practical work activities by continuing the process of attaching objects to Styrofoam so that an impression appears on the work. The fourth meeting carried out the work finishing process, filled out questionnaires by students and conducted interviews with the arts and culture teacher and 4 class VIII C students as samples.
The results of the work were 5 pop up infograpics with Gresik batik motifs from each group. There are 3 works in the very good category and 2 works in the good category. Therefore, it can be obtained that the percentage of the group of students who produced work in the very good category was 60% of the total. Meanwhile, the group of students who produced work in the good category was 40% of the total. This shows that students can hone their creative abilities in the field of art which can be seen from works that are classified as good and satisfying. This research activity also received a very good response from the arts and culture teacher and all class VIII C students who were fully supportive and enthusiastic during from the beginning to the end of the implementation.
Keywords: Pop up Infographics, Gresik Batik, SMP Sunan Ampel