ANALISIS PENERIMAAN PENGGUNA TERHADAP LAYANAN ANTRIAN ONLINE DI IMIGRASI SURABAYA MENGGUNAKAN TAM 2
( STUDI KASUS : IMIGRASI SURABAYA)
ABSTRAK
Nama : Adela Silvia Roz
NIM : 16051214008
Program Studi : S1 Sistem Informasi
Jurusan : Teknik Informatika
Fakultas : Teknik
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dwi Fatrianto S., S.Kom., M.Kom.
Kepuasan pelangan merupakan faktor penting untuk mengetahui kualitas layanan. Kepuasan pelanggan berbanding lurus dengan kualitas layanan karena pengguna memiliki peran besar dalam menilai suatu produk. Direktorat Jendral imigrasi salah satu pemerintahan yang telah memanfaatkan sistem informai, salah satunya yakni sistem informasi antrian yang dapat diakses melalui antrian.imigrasi.go.id. Sistem informasi ini digunakan untuk mengatur antrian pelanggan yang memiliki kepentingan dengan imigrasi. Akan tetapi, sistem ini masih jarang digunakan dan banyak masyarakat yang belum memanfaatkan sistem ini dengan tepat. Sehingga diperlukan adanya penilitaian tentang analisis penerimaan pengguna terhadap layanan antrian online di imigrasi Surabaya. TAM2 (Technology Acceptance Model 2) merupakan metode khusus untuk mengetahui penerimaan dan penggunaan suatu teknologi informasi. Metode ini memprediksi sejauh mana suatu teknologi informasi diterima dan dimanfaatkan penggunanya sesuai dengan kebutuhan penggunanya. teknik purposive sampling dipilih menjadi teknik penelitian dengan menggunakan rumus Yamane diperoleh jumlah responden sebanyak 100 dan SEM PLS untuk menganalisis data dengan software SmartPLS.
Hasil yang didapat adalah menunjukkan bahwa terdapat lima hubungan variabel yang memiliki pengaruh signifikan positif yaitu hubungan antara variabel subjective norm terhadap image, quality output terhadap perceived usefulness, perceived usefulness dan perceived ease of use terhadap intention to use dan intention to use terhadap usage behavior. Hal ini karena varieabel memiliki pengaruh signifikan karena kelima variabel ini memiliki t statistic diatas 1,96.
Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa antrian online imigrasi ini perlu lebih mengembangkan kualitas yang dikeluarkan oleh sistem antrian online agar masyarakat dapat mendapatkan pengaruh yang baik terhadap sistem antrian online dari Imigrasi.
Kata Kunci : Direktorat Jendral imigrasi, TAM 2, SEM PLS, purposive sampling
ABSTRACT
USER ACCEPTANCE ANALYSIS OF ONLINE QUEUE SERVICE IN SURABAYA IMMIGRATION USING TAM 2
( CASE STUDY : SURABAYA IMIGRATION)
Customer satisfaction is important factor for finding service quality. Customer satisfaction is directly proportional to quality of service because users have a big role. The Directorate General of Immigration is one of the governments that used information system, one of which is the queuing system (antrian.imigation.go.id). This system is used to get a queues of customers who have immigration requirements. However, this system is still rarely used and many people have not used this system properly. So there needs for analysis about user acceptance analysis this case. TAM2 (Acceptance Technology Model 2) is a special method for knowing the acceptance and use of an information technology. This method predicts higher than any information received and used by users according to the needs of users. The technique of this study is purposive sampling for sampling and using Yamane formula obtained and the respondents of this research is 100 and using SEM PLS to analyze data with SmartPLS software.
The results is there are five significant positive relationship between variables , namely the relationship between subjective norm variables on images, the quality of output on perceived usefulness, perceived usefulness and perceived ease of use on intention to use and intention to use on usage behavior. This all because the variable has statistics above 1.96.
This research found that online immigration queue needs to further develop the quality issued by the online queuing system so that the public can get more benefits from the online queuing system from immigration.
Keywords: The Directorate General of Immigration, TAM2, SEM PLS, purposive sampling