Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Sistem Pengapian CDI Sepeda Motor Pada Kompetensi Dasar Memperbaiki Sistem Pengapian di Sepeda Motor
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER SISTEM PEMGAPIAN CDI SEPEDA MOTOR PADA KOMPETENSI DASAR MEMPERBAIKI SISTEM PENGAPIAN DISEPEDA MOTOR
ABSTRAK
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER SISTEM PENGAPIAN CDI SEPEDA MOTOR PADA KOMPETENSI DASAR MEMPERBAIKI SISTEM PENGAPIAN DI SEPEDA MOTOR
Nama : Ahmad Yusuf Prasetyoadi
NIM : 15050524083
Program Studi : S1 Pendidikan Teknik Mesin
Konsentrasi : Otomotif
Jurusan : Teknik Mesin
Fakultas : Teknik
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. A. Grummy Wailandauw, M.Pd., M.T.
.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Trainer sistem pengapian CDI pada sepeda motor yang memenuhi kriteria layak dan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa kelas XII teknik bisnis sepeda motor di SMK Sunan Giri Menganti.
Prosedur pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D Model dengan tahapan sebagai berikut: (1) Define, (2) Desain, (3) Develop, (4) Disseminate. Pengumpulan data kelayakan media pembelajaran menggunakan angket, sedangkan pengumpulan data efektifitas untuk mengetahui pengaruh hasil belajar menggunakan pretest dan posttest. Kegiatan pengembangan media ini melibatkan ahli materi, ahli media, ahli bahasa, guru mata pelajaran, dan siswa untuk mendapatkan penilaian media pembelajaran.
Dalam penelitian ini diharapkan adalah meningkatkan Kompetensi siswa yang sesuai dengan Kompetensi dasar memperbaiki sistem pengapian, meningat trainer yang ada disekolah SMK Sunan Giri Menganti khususnya di Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) masih jauh dari kata cukup, terutama pada trainer sistem pengapian. Harapan peneliti mengembangkan trainer sistem pengapian ini lebih dipahami oleh siswa.
(1)Hasil penelitian pengembangan pada media pembelajaran dikatagorikan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran, nilai yang diperoleh dari validator RPP 84%, penilaian dari ahli media sebesar 94,1%, penilaian dari validator soal test sebesar 81,7%,. Dari semua nilai kelayakan tersebut berdasarkan skala likert termasuk dalam kategori sangat layak digunakan. (2) Sedangkan untuk peningkatan hasil belajar melalui pretest dan posttest dari hasil perhitungan N-Gain skor pada media pembelajaran trainer sistem pengapian diperoleh nilai 0,64 pada kelompok treatment dan diperoleh nilai 0,41 pada kelompok kontrol sehingga nilai tersebut dapat dinyatakan dinyatakan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa yang termasuk dalam kategori sedang. Dari hasil N-Gain skor ada perbandingan hasil belajar siswa sebesar 0,23. (3) Respon siswa terhadap proses kegiatan pembelajaran baik dengan jumlah persentase respon siswa keseluruhan sebesar 77% masuk ke dalam kategori Baik. (4) Faktor pendorong dari media pembelajaran trainer sistem pengapian bisa dikategorikan baik, karena hasil yang didapat dari skor nilai responden siswa lebih besar. Dan faktor penghambatnya adalah kurangnya waktu peneliti dikarenakan terbentur dengan waktu jam mengajar.
ABSTRACT
DEVELOPMENT OF LEARNING MEDIA TRAINER MOTORCYCLE CDI IGNITION SYSTEM ON BASIC COMPETENCIES OF REPAIRING IGNITION SYSTEMS ON MOTORCYCLES
Name : Ahmad Yusuf Prasetyoadi
Study Program : S1 Mechanical Engineering Education
Concentration : Automotive
Majoring : Mechanical Engineering
Faculty : Engineering
Name of Institution : Surabaya State University
Advisor : Dr. A. Grummy Wailandauw, M.Pd., M.T.
This research is a development research that aims toproduce learning media for CDI ignition system trainers on motorcycles that meet the proper ria kriteand to determine the influence of the learning outcomes of class XI I motorcyclebusiness engineering students at SMK Sunan Giri Menganti.
This development procedure uses a 4D Model development model with the following stages: (1) Define, (2) Design, (3) Develop, (4) Disseminate. The collection of learning media feasibility data uses questionnaires, while the collection of data effectiveness to determine the influence of learning outcomes using pretest and posttest. This media development activity involves material experts, media experts, linguists, subject teachers, and students to get learning media assessments.
In this study, it is hoped that it will improve student competencies in accordance with the basic competencies of improving the ignition system, remembering that the trainers in the SMK Sunan Giri Menganti school, especially in the Motorcycle Business Engineering Department (TBSM) are far from enough, especially in the ignition system trainer. The hope of researchers to develop this ignition system trainer is better understood by students.
(1) The results of development research on learning media are categorized as feasible for use in the learning process, the value obtained from the RPP validator is 84%, the assessment from media experts is 94.1%, the assessment from the validator of the test questions is 81.7%, . Of all the feasibility values based on the likert scale, it is in the category of very feasible to use. (2) Meanwhile, for improving learning outcomes through pretest and posttest from the results of the calculation of the N-Gain score on the learning media of the trainer system, a score of 0.64 was obtained in the treatment group and a value of 0.41 was obtained in the control group. So that the score can be stated that there is an increase in student learning outcomes that fall into the moderate category. From the N-Gain score, there is acomparison of student learning outcomes of 0.23. (3) Student responses to the learning activity process are good with a total percentage of student responses of 77% falling into the Good category. (4) The driving factor of the ignition system trainer learning media can be categorized as good, because the results obtained from the scores of student respondents are greater. And the inhibiting factor is the researcher's lack of time due to bumps with teaching hours.
Keywords : learning media trainer, motorcycle, CDI.