Pada persaingan bisnis yang kompleks, perpaduan antara PR dan marketing menjadi salah satu cara yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk dapat memikat pangsa pasar. Marketing Public Relation yang merupakan perpaduan tersebut menjadi penting bagi perusahaan tidak hanya sekedar untuk merangsang tetapi juga menyampaikan informasi kepada publik untuk menciptakan kesan positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana CSR mampu menjadi sebuah strategi MPR yang diutamakan oleh perusahaan. Dalam penelitian ini menggunakan konsep three ways strategy oleh Ruslan (2012) yaitu pull strategy, push strategy, dan pass strategy. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CSR perusahaan ini menjadi tema utama yang kemudian diadopsi untuk pengembangan iklan, event, dan pemberitaan perusahaan. Program ini memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap penjualan dan nama perusahaan yang semakin dikenal.
Kata kunci : Marketing Public Relations, Corporate Social Responsibility, PT. INDANA, Decofresh Warnai Jodipan.
Business competition is increasingly complex, a combination of PR and marketing is one of the ways that companies can exploit to attract market share. Public Relations Marketing which is a combination becomes important for companies not only to stimulate but also convey information to the public to create a positive impression. This study aims to find out how CSR can become a preferred strategy by the company. In this study using the concept of three ways strategy by Ruslan (2012), namely pull strategy, push strategy, and pass strategy. The results of this study indicate that the company's CSR is the main theme which is then adopted for the development of advertisements, events, and publications. This program has a considerable influence on sales and the name of the company that is increasingly known.
Keywords: Marketing Public Relations, Corporate Social Responsibility, PT. INDANA, Decofresh Warnai Jodipan.