SISTEM INFORMASI PEMESANAN BAHAN KARBON BERBASIS WEB
Pada zaman sekarang ini tentu bukanlah suatu hal yang asing mendengar kata revolusi industry 4.0, dimana sebuah tren positif menuju otomatisasi dan pertukaran data dalam teknologi dan proses manufaktur yang mencakup sistem cyber-fisik (CPS), internet hal (IoT), internet industri hal (IIOT), komputasi awan, komputasi kognitif dan kecerdasan buatan. Dimana menuntut semua orang agar bisa memahami baik mengikuti teknologi, terutama terkhususnya peniliti sendiri yaitu seorang mahasiswa. Bisnis tentu dalam hal apapun semua tidak lepas dari bisnis jual beli. Baik bisnis berupa konvesional jual beli dipasar contohnya, maupun jual beli secara online. Tentu di zaman 4.0 ini bukan lah hal yang asing apabila penjual menjual barangnya tanpa perlu repot hanya menggunakan smartphone. Pembeli juga dapat membeli barang dengan mudah memilih barang dan mencari info barang yang akan dibeli. Sebagai cara untuk mendapatkan konsumen pada jaman sekarang ini perusahaan dituntut untuk dapat menyediakan pelayanan yang lebih optimal dengan pemanfaatan teknologi informasi berupa sistem informasi penjualan dan agar usaha bisa lebih produktif. Cahaya rezeki merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang otomotif di Kota Surabaya yang melayani pemesaman bahan karbon untuk bagian interior mobil, eksterior mobil, body motor, dll. Penjualan dan promosi Cahaya rezeki saat ini masih menggunakan facebook, Instagram, whatsapp. Maka hal tersebut dinalai masih kurang efektif dan efesien dimasa pandemi. Masalah tersebut mendapatkan solusi dengan cara mengembangkan promosi dan penjualan Online berbasis Website. Tujuan dibuatnya website adalah untuk mempermudah konsumen melakukan pemesanan dan melihat cara pemasangan tanpa harus datang ke lokasi toko, menggunakan system website juga menjadi media promosi usaha untuk menarik konsumen dengan jangkauan yang lebih luas. Hasil yang diharapkan setelah dibuatnya website adalah konsumen mudah mengakses informasi dan melakukan pemesanan serta memberi peluang perusahaan untuk melakukan ekspansi pemasaran yang lebih luas. Web penjualan dan pembelian yang peniliti bangun dibuat untuk mempermudah pembeli dalam mencari bahan karbon dengan harga bersaing dan sesuai keinginan. Metodologi pengembangan sistem yang peniliti bangun menggunakan metode pengembangan system Scrum. Adapun langkah-langkah yang dilakukan pada penilitian ini berdasarkan metodologi Scrum yaitu diantaranya: (1)backlogrefinement,(2)sprintplanning,(3)dailymeeting,(4)reviews,dan(5)sprintretrospective (Sauda, 2019). Dalam tahap ini peneliti menggunakan framework Laravel sebagai media website. Bahasa yang digunakan dalam perangacangan penelitian ini berupa PHP, Javasript dan untuk database menggunakan MySQL.
In this day and age, of course, it is a foreign thing to hear the word industrial revolution 4.0, where a positive trend is towards automation and data exchange in technology and manufacturing processes that include cyberphysical systems (CPS), internet matters (IoT), internet industry ( IIOT), cloud computing, cognitive computing, and artificial intelligence. Where it requires everyone to be able to understand well following technology, especially the researcher himself, who is a student. Business, of course, in any case, can not be separated from the business of buying and selling. Both businesses are in the form of conventional buying and selling in the market, for example, as well as buying and selling online. Of course, in the 4.0 era, it is not uncommon for sellers to sell their goods without the hassle of just using a smartphone. Buyers can also buy items by easily selecting items and looking for info on the items to be purchased. As a way to get consumers today, companies can obtain more optimal services by utilizing technology in the form of sales information systems and so that businesses can be more productive. Cahaya sustenance is a business Sistem Informasi Pemesanan Bahan Karbon 2 engaged in the automotive sector in the city of Surabaya which serves to order carbon materials for car interiors, car exteriors, motorcycle bodies, etc. Light sustenance sales and promotions are currently still using Facebook, Instagram, WhatsApp. So this is considered to be still less effective and efficient during the pandemic. This problem gets a solution by developing Website-based online promotion and sales. The purpose of the website is to make it easier for consumers to place orders and see how to install without coming to the store location, using a website system is also a medium for business promotion to attract consumers with a wider reach. The expected result after the website is created is that consumers can easily access information and place orders and provide opportunities for companies to carry out wider marketing expansions. Web sales and purchases created to make it easier for buyers to find carbon materials at competitive prices and as desired. The system development methodology that the researcher built uses the Scrum system development method. The steps taken in this research based on the Scrum methodology include: (1) backlog refinement, (2) sprint planning, (3) daily meetings, (4) reviews, and (5) sprint retrospective (Sauda, 2019). In this stage the researcher uses the Laravel framework as a media website. The language used in this research design is PHP, Javascript and for the database using MySQL