PEMANFAATAN APLIKASI CANVA PADA PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS IKLAN KELAS XII DKV 2 SMKN 13 SURABAYA
UTILIZATION OF CANVA APPLICATION IN LEARNING TO COMPLETE ADVERTISING TEXT FOR CLASS XII DKV 2 SMKN 13 SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran teks iklan menggunakan aplikasi Canva dan untuk mengetahui bagaimana respon siswa dalam pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan model pengembangan. Sumber data berasal dari guru Bahasa Indonesia dan 32 siswa kelas XII DKV 2 SMKN 13 Surabaya. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes produk, dan angket. Observasi dilakukan oleh guru Bahasa Indonesia kelas XII untuk mengamati aktivitas guru dalam menerapkan sintaks pembelajaran. Tes produk dilakukan untuk memperoleh data dari 32 desain iklan siswa yang dibuat menggunakan aplikasi Canva. Dan, pengisian angket oleh siswa untuk mendeskripsikan respon siswa atas pembelajaran menyusun teks iklan dengan memanfaatkan aplikasi Canva. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pemanfaatan aplikasi Canva pada pembelajaran menyusun teks iklan “sangat baik”. Keberhasilan tersebut didukung dengan (1) hasil observasi aktivitas guru dalam menjalankan sintaks pembelajaran memperoleh hasil 93,75 dengan kriteria “sangat baik”, (2) hasil tes produk dengan nilai tertinggi 92 dan nilai terrendah 59 dari segi struktur iklan dan unsur kebahasaannya memperoleh hasil 90 dengan kriteria “sangat baik”. Dari kedua hasil tersebut, penerapan pembelajaran teks iklan menggunakan aplikasi Canva memperoleh hasil 91,5 dengan kategori “sangat baik”. (3) Respon siswa dalam penelitian ini memperoleh hasil 3,26 dengan kriteria “Memenuhi”.
Kata Kunci: Pembelajaran langsung, Canva, Teks Iklan
This study aims to find out how to apply advertising text learning using the Canva application and to find out how students respond to the learning. This study uses a qualitative descriptive method with a development model. Sources of data came from Indonesian teachers and 32 students of class XII DKV 2 SMKN 13 Surabaya. Collecting data using observation techniques, product tests, and questionnaires. Observations were made by the Indonesian class XII teacher to observe the teacher's activities in applying the learning syntax. The product test was conducted to obtain data from 32 student ad designs created using the Canva application. And, filling out a questionnaire by students to describe students' responses to learning to compose ad text by using the Canva application. The results of this study prove that the use of the Canva application in learning to compose ad text is "very good". This success is supported by (1) the results of observing the teacher's activities in carrying out learning syntax getting results of 93.75 with the criteria of "very good", (2) product test results with the highest score of 92 and the lowest score of 59 in terms of advertising structure and linguistic elements. 90 with “very good” criteria. From these two results, the application of ad text learning using the Canva application obtained 91.5 results in the "very good" category. (3) Student responses in this study obtained results of 3.26 with the criteria of "Fulfilling".
Keywords : Direct Intruction, Canva, Ad Text