Strategic Competence of Junior High School Students Who Won Medals at the International Mathematics Olympiad Based On sex Different.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kompetensi strategis siswa SMP peraih medali olimpiade matematika internasional dalam menyelesaikan masalah matematika khususnya pada topik geometri dan aljabar. Kompetensi strategis adalah kemampuan siswa dalam merumuskan, merepresentasikan, dan menyelesaikan masalah matematika. Subjek penelitian adalah satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan SMP sederajat yang pernah mendapatkan medali olimpiade matematika ditingkat internasional baik medali emas, perak, maupun perunggu dalam 2 tahun terakhir. Pengumpulan data dilakukan melalui tugas pemecahan masalah, wawancara, observasi dan dokumentasi. Indikator yang dinilai mencakup merumuskan, merepresentasikan dan memecahkan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap merumuskan masalah, kedua subjek membaca dan menggambar permasalahan yang ada, subjek perempuan menuliskan informasi-informasi penting yang diketahui di soal, sedangkan subjek laki-laki tidak menuliskan pada lembar jawaban tentang informasi apa saja yang diketahui di soal, subjek laki-laki hanya mengingat-ingat informasi penting yang ada pada soal. Pada tahap merepresentasikan, subjek laki-laki menyajikan masalah dengan gambar yang lengkap untuk mengilustrasikan masalah yanga dengan sederhana, begitupun subjek perempuan. Pada tahap menyelesaikan masalah, subjek laki-laki dan perempuan menyusun rumus yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah, dengan cara mengaitkan antara masalah yang ada dan konsep atau prinsip yang sudah dia ketahui sebelumnya, selanjutnya menggunakannya untuk menyelesaikan masalah. Sedangkan pada topik aljabar, hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap merumuskan masalah, kedua subjek membaca dan membayangkan situasi dan kondisi dari permasalahan yang ada, subjek laki-laki tidak menuliskan pada lembar jawaban tentang informasi apa saja yang diketahui di soal, sedangkan subjek perempuan menuliskan dengan lengkap informasi yang diketahui di soal. Pada tahap merepresentasikan, subjek laki-laki menuliskan dalam bentuk simbol atau sketsa matematis sedangkan subjek perempuan menuliskan semua kemungkinan bentuk aljabar yang memenuhi. Pada tahap memecahkan masalah, subjek laki-laki cenderung menggunakan cara yang lebih singkat dan efektif, sedangkan subjek perempuan bekerja lebih runtut dan rinci yaitu mendaftar semua kemungkikan biaya yang harus dikeluarkan, kedua subjek mendapatkan jawaban yang sama dan benar.
This research is a qualitative descriptive study. The purpose of this research is to describe the strategic competencies of junior high school students who win medals at the International Mathematics Olympiad in solving mathematical problems, especially on the topic of geometry. Strategic competence is the ability of students to formulate, represent, and solve mathematical problems. The research subjects were one male and one female junior high school equivalent who had won a gold, silver or bronze medal at the international mathematics olympiad in the last 2 years. Data collection was carried out through problem solving assignments, interviews, observation and documentation. The indicators assessed include formulating, representing and solving problems. The results showed that at the stage of formulating the problem, both subjects read and drew existing problems, the female subject wrote down important information that was known in the problem, while the male subject did not write on the answer sheet what information was known in the problem, the subject men only remember the important information in the problem. At the representing stage, the male subject presents the problem with a complete picture to illustrate the problem simply, as well as the female subject. At the problem solving stage, male and female subjects compile a formula that will be used to solve the problem, by associating the existing problem with the concept or principle that he already knows, then using it to solve the problem. While on algebra topic, the results showed that at the stage of formulating the problem, both subjects read and imagined the situation and conditions of the existing problems, the male subject did not write down on the answer sheet what information was known about the problem, while the female subject wrote in full the information known in the question sheet. about. At the representing stage, the male subject writes in the form of symbols or mathematical sketches while the female subject writes down all possible algebraic forms that fulfill them. At the problem solving stage, male subjects tend to use shorter and more effective methods, while female subjects work more coherently and in detail, namely proposing all possible costs to be incurred, both subjects get the same and correct answers